Masuk Semester Awal Kuliah, Nih yang Perlu Dilakukan

Siska Permata Sari, Okezone · Minggu 16 Juli 2017 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 16 65 1737518 masuk-semester-awal-kuliah-nih-yang-perlu-dilakukan-uhA52TBfMG.jpg Foto: Shutterstock

JAKARTA - Sebentar lagi para calon mahasiswa baru yang diterima di berbagai perguruan tinggi di Indonesia akan memasuki semester pertama perkuliahan. Bagi kamu, menjadi mahasiswa di semester awal merupakan pengalaman baru.

Hal yang dibutuhkan bagi mahasiswa baru adalah adaptasi yang baik. Pasalnya, menjadi mahasiswa berbeda dengan menjadi siswa di sekolah. Mulai dari jadwal, tugas-tugas, serta tanggung jawab pun berubah. Nah, artikel ini akan memberikan tips untuk membantumu mengatasi semester pertama di kampus. Berikut uraiannya seperti dinukil dari Huffingtonpost, Minggu (16/7/2017).

Teratur

Teratur atau terorganisir bukan berarti hanya mematuhi aturan semata. Namun, kunci utamanya adalah disiplin waktu. Misalnya, tidak terlambat masuk kelas dan mematuhi tenggat waktu yang diberikan dosen untuk tugas-tugas harian.

Membangun hubungan baik dengan pihak kampus

Tugas kamu selanjutnya bukan hanya mencari teman sesama mahasiswa baru, melainkan juga membangun hubungan dengan orang-orang yang berada di lingkungan kampus. Misalnya saja staf kampus atau dosen. Janganlah sungkan untuk berkonsultasi pada mereka tatkala kesulitan menerima materi atau tugas kampus. Biasanya, para dosen lebih menyukai mahasiswa yang aktif daripada yang pasif. Keuntungan lainnya, kamu bisa dikenal dosen dan diberikan berbagai rekomendasi misalnya untuk magang atau melanjutkan studi pascasarjana.

Seimbangkan akademik dan sosialisasi

Kampus adalah tempat bersosialisasi. Kamu bisa mengikuti berbagai organisasi atau komunitas di kampus. Bentuk sosialisasi lain mungkin waktu hang out besama teman-teman. Namun, kadangkala terlalu asyik bersosialisasi, kamu malah tenggelam dalam pusaran kumpul-kumpul semata dan melupakan akademik. Di sini, kamu membutuhkan kontrol diri untuk menyeimbangkan antara kepentingan akademik dan bersosialisasi.

Terlibat dalam organisasi kampus

Masuk dan berkumpul dengan organisasi yang ada di kampus tidaklah buruk. Sebab, di kampus kamu bukan hanya dituntut untuk terus belajar dan belajar saja. Melainkan melatih soft skill dan kepemimpinan melalui organisasi dan komunitas yang ada di kampus. Selain itu, keuntungan mengikuti organisasi kampus adalah membuka jaringan kamu untuk mendapatkan magang atau pekerjaan.

Berusahalah untuk mengembangkan diri

Keputusan yang kamu ambil di semester pertama kuliah memiliki dampak besar pada pengalaman kuliah di semester berikutnya. Cobalah berkonsultasi dan meminta saran pada sumber-sumber yang ada di kampus seperti dosen wali, dosen pembimbing, rekan kampus, senior, atau komunitas. Kemudian, berusahalah untuk berkembang, bukan hanya secara akademis semata tetapi juga sosial.

Selamat mencoba!

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini