Image

Winnie The Pooh Dihapus dari Dunia Internet China, Ada Apa?

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin, 17 Juli 2017 - 19:04 WIB
Winnie The Pooh (foto: Reuters) Winnie The Pooh (foto: Reuters)

BEIJING – Otoritas China melakukan sensor terhadap karakter beruang kartun terkenal, ‘Winnie the Pooh’. Gambar dan tulisan mengenai si beruang pecinta madu itu dihapus dari sejumlah situs, termasuk WeChat dan Weibo, dua platform internet paling terkenal di Beijing.

Belum ada penjelasan resmi terkait sensor terhadap Winnie the Pooh. Namun, sejumlah pengamat meyakini bahwa unggahan yang mengasosiasikan Presiden Xi Jinping dengan karakter ciptaan AA Milne itu sebagai pemicu kebijakan penghapusan tersebut.

“Dalam sejarahnya, dua hal yang tidak diizinkan (di China): organisasi politik dan aksi politik. Namun, kali ini hal ketiga masuk ke dalam daftar: berbicara mengenai presiden,” tutur Profesor Qiao Mu dari Beijing Foreign Studies University, mengutip dari Financial Times, Senin (17/7/2017).

Baca: Otoritas China Hapus Winnie The Pooh dari Internet, Ada Apa?

Diwartakan Time, unggahan tersebut sebenarnya sudah beredar sejak 2013. Gambar tersebut menyamakan foto Presiden Xi Jinping yang sedang berjalan bersama mantan presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dengan gambar Winnie yang sedang berjalan bersama teman dekatnya, Tigger.

(Unggahan yang membandingkan Presiden Xi dan Obama dengan Winnie the Pooh dan Tigger. Foto: Digital Journal)

Pengguna sosial media di China memang sejak lama menggunakan eufemisme atau perbandingan sebagai lelucon untuk Xi Jinping. Hal itu dilakukan untuk menghindari kebijakan sensor ketat yang berlaku di Negeri Tirai Bambu.

(dnb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming