Image

Perppu Ormas Bakal Dibacakan di Rapat Paripurna DPR

Bayu Septianto, Jurnalis · Senin, 17 Juli 2017 - 10:51 WIB
Wakil Ketua DPR, Agus Hermanto (foto: Okezone) Wakil Ketua DPR, Agus Hermanto (foto: Okezone)

JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) segera mengagendakan rapat paripurna untuk membacakan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang perubahan atas UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Oganisasi Kemasyarakatan (Ormas).

Bila sudah dibacakan dalam rapat paripurna, artinya Perppu yang diterbitkan pekan lalu itu resmi sudah masuk di DPR dan segera dibahas.

"Nanti siang kalau enggak salah ada rapat pimpinan (rapim), rapim tentunya mengagendakan di dalam rapat Bamus (Badan Musyawarah) untuk dibacakan Perppu itu di dalam sidang paripurna. Setelah dibacakan di dalam sidang paripurna berarti Perppu itu sudah resmi masuk ke DPR dan DPR memproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan yaitu tentunya dengan waktu 1x masa sidang berikutnya," ucap Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (17/7/2017).

Menurut Agus, dalam pekan ini akan rapat paripurna sehingga ia memastikan DPR segera membahas Perppu itu untuk kemudian memberikan jawaban apakah menerima atau menolak Perppu itu.

"Apabila Perppu itu diterima, langsung menjadi undang-undang. Apabila Perppunya ditolak tentu kembali pada Undang-undang Nomor 17 Tahun 2003," jelasnya.

Agus melihat Perppu ini penting untuk dibahas lantaran terjadi pro dan kontra di masyarakat. Banyak yang menilai keluarnya Perppu ini justru mengekang kebebasan berserikat dan berorganisasi.

"Kebebasan berserikat itu tentunya juga tidak boleh melakukan sesuatu yang melampaui batas tapi juga tidak harus ini dipangkas. Kalau dipangkas pasti akan menimbulkan konflik dalam artian pastinya kan kontra demokrasi, kontra kebebasan," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming