Image

Cuaca Buruk, Nelayan Pantai Baron Takut Melaut

Agregasi Antara, Jurnalis · Senin, 17 Juli 2017 - 02:02 WIB
Ilustrasi (Foto: Okezone) Ilustrasi (Foto: Okezone)

GUNUNG KIDUL - Nelayan Pantai Baron Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memilih tidak melaut karena cuaca buruk dalam beberapa hari terakhir.

Nelayan Pantai Baron Marjono di Gunung Kidul, Minggu 17 Juli 2017, mengatakan bahwa cuaca dalam beberapa hari terakhir ini kurang baik. Angin kencang dan gelombang mencapai 10 hingga 15 feet. Pada hari Sabtu 15 Juli 2017, misalnya, gelombang mencapai 15 feet. Namun, pada hari Minggu sudah berangsur turun.

Dalam beberapa hari terakhir ini, katanya lagi, tidak ada nelayan yang melaut. Marjono mempredikisi cuaca tak menentu akan terjadi hingga Agustus mendatang. "Cuaca seperti ini memang siklus tahunan pada bulan Juli dan Agustus," katanya.

Ia mengatakan bahwa dirinya terus melakukan pemantauan kepada wisatawan dan juga nelayan agar aman. "Kami sudah berkomunikasi dengan nelayan lain untuk berhati-hati kalau melaut," katanya.

Nelayan Pantai Baron Purwasito mengatakan bahwa dirinya dan beberapa rekannya sudah berhenti melaut sejak sepekan terakhir karena cuaca buruk. "Lebih baik berhenti dahulu karena cuaca tidak menentu," katanya.

Berdasarkan pengalaman beberapa rekannya yang melaut, hasil tangkapan tidak begitu baik. "Kalau dipaksakan melaut, nanti malah merugi karena cengan cuaca seperti ini kemarin ada yang mendapatkan belasan kilogram dengan harga jual tidak sebanding dengan pengeluaran," katanya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming