Image

Cerita Pilu Ibu Korban Terbakarnya Belasan Kapal di Pati

Taufik Budi, Jurnalis · Senin, 17 Juli 2017 - 19:42 WIB
Edi Siswanto, korban terbakarnya kapal di Pati, Jawa Tengah (Foto: Taufik Budi) Edi Siswanto, korban terbakarnya kapal di Pati, Jawa Tengah (Foto: Taufik Budi)

SEMARANG - Edi Siswanto (28) masih merintih kesakitan akibat luka bakar serius yang dideritanya saat kebakaran 12 kapal di Pati, Jawa Tengah, tiga hari lalu. Hampir sekujur tubuhnya menghitam karena terpapar hawa panas dari api yang berkobar hebat.

Warga Desa Trimulyo, Kecamatan Juwana, Pati itu sejak tiga hari terakhir menjalani perawatan intensif di Bangsal Rajawali II, RSUP dr Kariadi, Semarang. Ia ditemani ibunya, Jamiatun, yang dengan sabar mengusap Edi ketika mengerang kesakitan.

"Dia ini merupakan tulang punggung keluarga. Saya sedih sekali, ketika pertama kali mengetahui salah satu korban kebakaran adalah anak saya. Sama sekali enggak menyangka dengan kejadian ini," kata Jamiatun, Senin (17/7/2017).

Dia mengatakan, kejadian nahas itu bermula saat anak kesayangannya itu pamit hendak memperbaiki kapal. Tak disangka, saat sibuk melakukan pengelasan di dalam kapal, mendadak api berkobar hingga meludeskan belasan kapal yang tengah bersandar di kawasan Pulau Seprapat, Juwana.

"Dia pamitnya mau memperbaiki kapal yang rusak. Memang di desa kami, semua orang bekerja jadi nelayan. Tapi kebanyakan nelayan di Trimulyo memang libur sejak lebaran dan baru beraktivitas pertengahan bulan ini," lugasnya.

Jamiatun berharap, anak kesayangannya itu lekas sembuh sehingga dapat kembali menafkahi keluarga. Meski demikian, kondisi Edi saat ini berangsur membaik dan sedang mendapat terapi khusus untuk memulihkan luka bakar di tubuhnya.

"Ada lagi tetangga saya yang bernama Karbani juga jadi korban dalam kebakaran kapal itu. Tapi Karbani harus dirawat di IGD sebelum dipindah ke HCU karena luka bakarnya mencapai 50 persen," tambahnya.

Kebakaran yang meludeskan 12 kapal nelayan itu mengakibatkan tiga orang menderita luka bakar serius. Dua korban dilarikan ke RSUP dr Kariadi Semarang, sementara satu orang lainnya atas nama Supardi (48), warga Bojomulyo RT 4/4 Pati, dirawat di RS Budi Agung Juwana.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming