Image

Tips Memenuhi Kebutuhan Gizi bagi Pelajar dengan Segudang Aktivitas

, Jurnalis · Senin, 17 Juli 2017 - 20:16 WIB
Mirza Rizqi Zulkarnain, STP, MSC dalam Seminar Life Science Fair International University Liaison Indonesia Mirza Rizqi Zulkarnain, STP, MSC dalam Seminar Life Science Fair International University Liaison Indonesia

MASA-masa sekolah dan kuliah merupakan transisi penting dari masa kanak-kanak menuju dewasa. Pelajar terutama mahasiswa umumnya akan lebih mandiri dibanding sebelumnya dan memiliki kesempatan untuk menentukan gaya hidupnya sendiri termasuk pola makan dan aktifitas lainnya.

Sayangnya, pada masa ini justru banyak pelajar yang terjerumus dalam pola hidup yang tidak sehat seperti pola makan yang tidak teratur, terlalu banyak mengonsumsi cemilan atau snack yang kurang sehat, terlalu banyak kegiatan sehingga kurang istirahat, banyak bergadang, bahkan ada yang mulai mencoba merokok dan minum minuman beralkohol.

Berikut ini adalah tips-tips untuk memenuhi kebutuhan gizi pelajar dengan segudang aktivitas yang disajikan oleh Ibu Mirza Rizqi Zulkarnain, STP, MSc, dosen teknologi pangan dari International University Liaison Indonesia.

1. Biasakan selalu sarapan dan makan secara teratur

Sarapan sangat penting sebagai bekal energi, meningkatkan stamina serta konsentrasi belajar. Melewatkan sarapan menyebabkan adanya dorongan untuk makan berlebihan nantinya, juga dapat meningkatkan berbagai resiko penyakit seperti maag, obesitas, jantung, hipertensi, diabetes. Sarapan yang baik merupakan sarapan lengkap yang terdiri dari karbohidrat, lauk-pauk, sayuran atau buah-buahan dan minuman. Biasakan makan secara teratur 3 kali sehari kecuali pada saat berpuasa.

2. Pilih jenis makanan yang beragam dan seimbang

Pemilihan jenis makanan akan sangat menentukan status gizi dan kesehatan para pelajar. Sebaiknya pilih jenis makanan yang bervariasi jenisnya, termasuk makanan pokok (nasi, roti, mie, pasta, umbi-umbian), lauk (daging, ayam, telur, ikan dan berbagai jenis makanan laut lainnya), buah-buahan, sayur-sayuran dan juga produk-produk susu (susu, yoghurt, keju, eskrim). Setiap jenis makanan memiliki kandungan gizi yang berbeda sehingga tidak mungkin memenuhi kebutuhan gizi seimbang hanya dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu saja.

3. Minum air putih yang cukup.

Kebutuhan akan air minum ini disesuaikan dengan kondisi dan aktifitas fisik masing-masing pelajar, namun umumnya minimal 8 gelas sehari atau 2 liter air. Kurang mengonsumsi cairan dapat menyebabkan dehidrasi yang dapat menurunkan kondisi fisik, konsentrasi dan dapat berakibat fatal.

4. Batasi konsumsi lemak, gula, garam.

Konsumsi lemak, gula dan garam yang tinggi dapat meningkatkan risiko timbulnya penyakit seperti hipertensi, stroke, penyakit jantung, kanker pada kemudian hari. Ketiga hal ini juga banyak terkandung dalam cemilan atau snack. Jika ingin mengonsumsi snack, sebaiknya pilih yang sarat gizi (nutrient-dense food) seperti lemper ayam, pastel telur dan sayuran, salad buah, bukan hanya tinggi kalori namun tidak banyak mengandung nilai gizi (empty calorie) seperti keripik kentang dan permen. Sedangkan untuk minuman, susu rendah lemak dan jus buah asli (tanpa tambahan gula) merupakan pilihan yang lebih sehat dibandingkan minuman ringan atau soft drink.

5. Batasi konsumsi kafein

Sudah menjadi kebiasaan umum bagi para pelajar terutama mahasiswa untuk mengonsumsi kopi, the atau minuman berenergi ketika belajar hingga larut malam agar lebih bersemangat dan tidak mengantuk. Namun konsumsi minuman-minuman yang mengandung kafein ini harus dibatasi karena kafein yang berlebihan dapat menyebabkan kecanduan, gangguan tidur (insomnia), dehidrasi, peningkatan tekanan darah dan detak jantung. Batas aman konsumsi kafein berbeda-beda pada setiap individu, namun umumnya setara dengan 4 cangkir kopi per hari.

Selain tips-tips untuk memenuhi kebutuhan gizi diatas, hal-hal lainnya yang harus diperhatikan oleh para pelajar adalah menjaga kebersihan diri dan lingkungan, antara lain dengan selalu mencuci tangan sebelum makan dan memastikan kebersihan dan keamanan makanan yang hendak dikonsumsi. Selainitu, pelajar juga sebaiknya menjaga kebugaran dengan menyempatkan berolahraga secara teratur, dan menghindari rokok, minuman keras serta obat-obatan terlarang lainnya.

(dnb)

Bagikan Artikel Ini

Berita Rekomendasi

Advertorial IULI
Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming