nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wow! Ada 4.020 Kampus Swasta di Indonesia, JK: Dimerger Saja!

Agregasi Antara, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017 14:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 17 65 1737950 wow-ada-4-020-kampus-swasta-di-indonesia-jk-dimerger-saja-SCrLNDxmqk.jpg Foto: Antara

DENPASAR - Wakil Presiden M Jusuf Kalla mengusulkan agar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) secara sukarela melakukan merger agar terjadi efisiensi dalam penyelenggaraannya sehingga mampu meningkatkan kualitas.

"Bagaimana PTS bisa menjadi lebih efisien dengan teknologi. PTS perlu re-gruping atau merger agar tidak terlalu banyak dengan jumlah yang pantas sehingga bisa meningkatkan kualitas," kata Wakil Presiden M Jusuf Kalla saat membuka Musyawarah Nasional ke IV, Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABP PTSI) di Denpasar Bali, Senin (17/7/2017).

Munas ke IV ABT PTSI diikuti oleh 395 orang perwakilan Perguruan Tinggi Swasta dari seluruh Indonesia. Turut dalam rombongan Wapres Jusuf Kalla antara lain menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir serta Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Lebih lanjut ia menjelaskan saat ini tidak lagi mementingkan jumlah PTS yang banyak namun lebih dipentingkan karena kualitasnya. Wapres menyatakan saat ini setidaknya ada 4.020 PTS di seluruh Indonesia. Jumlah ini dinilainya sudah sangat banyak.

Dengan banyaknya PTS ini, tambah JK, maka terjadi persaingan bagaimana bisa lebih murah dan cepat, akibatnya terkadang mengabaikan mutu. Disinilah revitalisasi itu diperlukan.

"Untuk apa jumlahnya banyak tapi tidak berkualitas. Karena itu dengan merger akan ada efisiensi sehingga bisa meningkatkan kualitasnya. Jadi kita butuh bukan lagi banyak jumlahnya tetapi kualitasnya," kata Wapres.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini