nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Widih, Wapres JK Usul Perguruan Tinggi Dikelola seperti Perseroan Terbatas

Agregasi Antara, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017 15:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 17 65 1737957 widih-wapres-jk-usul-perguruan-tinggi-dikelola-seperti-perseroan-terbatas-0PDYa8D7QZ.jpg Foto: Antara

DENPASAR - DI Indonesia terdapat 4.020 perguruan tinggi swasta (PTS). Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, dengan banyaknya PTS maka persaingan lebih murah dan cepat dapat mengabaikan mutu dan kualitas pendidikan di Tanah Air.

Menurut JK, kuantitas tak lagi dibutuhkan. Yang perlu ditingkatkan adalah mutu pendidikan PTS tersebut. Oleh karenanya, ia mengusulkan agar PTS itu secara sukarela melakukan merger.

"Untuk apa jumlahnya banyak tapi tidak berkualitas. Karena itu dengan merger akan ada efisiensi sehingga bisa meningkatkan kualitasnya. Jadi kita butuh bukan lagi banyak jumlahnya tetapi kualitasnya," kata Wapres JK di Bali, Senin (17/8/2017).

Ia mengatakan bahwa pengelolaan PTS pada akhirnya juga harus ada bisnisnya. Menurunya tanpa surplus dalam pengelolaan PTS tidak akan bisa melakukan pengembangan dan meningkatkan kualitasnya.

"Apakah mungkin suatu saat Perguruan Tinggi dikelola seperti Perusahaan Terbatas (PT) karena juga sudah mengarah ke bisnis," kata Wapres.

Menurutnya, pengelolaan PT seperti ini sudah biasa di seluruh dunia. Ketua yayasan atau rektorhanya bertindak sebagai CEO bukan pengajar sehingga bisa saja dipegang oleh orang yang bukan profesor.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini