Image

Mau Fasih Bahasa Inggris Dalam Waktu Singkat? Nih, Caranya!

Siska Permata Sari, Jurnalis · Selasa, 18 Juli 2017 - 06:30 WIB
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock

JAKARTA - Bahasa Inggris kini menjadi bahasa kedua yang kerap dipakai dalam kegiatan sehari-hari. Apalagi di tengah persaingan pasar global. Fasih bahasa Inggris menjadi kemampuan yang wajib kamu kuasai. Terlebih bila kamu ingin menyandang gelar Mapres atau ingin meningkatkan skor Toefl.

Belajar bahasa Inggris bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya, mengambil kursus bahasa Inggris, bergabung dalam sebuah komunitas, atau belajar secara otodidak. Nah, inilah cara yang bisa kamu lakukan untuk fasih berbahasa Inggris dalam waktu singkat. Berikut paparan yang berhasil dirangkum Okezone dari berbagai sumber.

Tantang dirimu

Untuk mempelajari hal baru, kamu perlu menantang dirimu sendiri, termasuk dalam mempelajari bahasa Inggris. Ingatlah, ancaman nyata adalah persaingan pasar global dunia yang menuntutmu untuk fasih atau paling tidak mampu berbahasa Inggris. Keluarlah dari zona nyaman, tantanglah dirimu untuk belajar berbahasa Inggris seakan tidak ada pilihan lain bagimu.

Fasih dulu baru akurasi

Cobalah belajar bahasa Inggris dengan sering-sering berbicara atau menulis menggunakan bahasa Inggris. Bicara atau menulis apa saja dengan menggunakan bahasa ini. Jangan dulu memikirkan grammar atau akurasi sebuah bahasa. Fokuslah pada pembelajaran praktik daripada teori, sebab hal ini akan menghemat waktu dan mengurangi stres dalam belajar.

Temukan teman belajar

Belajar bahasa Inggris apalagi secara lisan setidaknya memerlukan orang lain untuk diajak berdialog. Temukanlah teman belajarmu untuk berbahasa Inggris. Selain menyenangkan, belajar bersama orang lain juga akan melatihmu untuk lebih lancar berbahasa Inggris. Apalagi bila metode belajarnya dengan sering-sering berdialog menggunakan bahasa Inggris. Dijamin!

Belajar dari kesalahan

Ketika kamu sudah fasih berbicara bahasa Inggris, kini saatnya kamu meninjau ulang bahasamu. Apakah sudah sesuai grammar atau sudah baikkah susunan bahasamu ketika berbicara dan menulis bahasa Inggris? Jika ditemukan kesalahan-kesalahan, wajar saja, sebab kamu masih dalam tahap belajar. Tapi jangan lantas berpuas diri, belajarlah dari kesalahan itu dengan pelan-pelan mempelajari grammar yang baik dan benar.

Selamat mencoba!

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming