Image

Ibu & Anak Stres di Hari Pertama Sekolah, Nih Tanggapan Psikolog

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Selasa, 18 Juli 2017 - 11:09 WIB
Foto: Ilustrasi Okezone Foto: Ilustrasi Okezone

MEDAN - Hari pertama sekolah kerap menjadi sumber stres di rumah. Hal itu tak hanya dialami ibu tetapi juga sang anak yang baru mulai bersekolah.

Psikolog Irna Minauli menyebutkan, stres yang dialami ibu dan anak saat hari pertama sekolah disebabkan karena mereka dihadapkan pada situasi yang tidak jelas yang akan dihadapi di sekolah.

Misalnya apakah mereka akan mendapat teman-teman atau guru yang menyenangkan atau tidak. Kondisi yang ambigu ini menimbulkan kecemasan bagi beberapa orang.

“Dalam kondisi saat ini, kecemasan anak diperparah karena mereka melihat reaksi orang tuanya. Biasanya sang ibu, yang menunjukkan kecemasan. Kecemasan ibu akan dirasakan anak sebagai tanda adanya sesuatu yang tidak menyenangkan di sekolah,” ujar Minauli kepada Okezone, baru-baru ini.

Anak yang belum memiliki kematangan untuk bersekolah, lanjut Irna, cenderung akan lebih mengalami masalah. Itu sebabnya penting untuk memperhatikan aspek kematangan sekolah.

Beberapa sekolah sebenarnya telah mensyaratkan agar anak yang mau masuk SD harus telah memiliki kematangan ini. Ciri dari kematangan sekolah ini dapat dilihat dari aspek emosi, sosial maupun kemandirian anak.

Anak yang secara emosional sudah mampu mengendalikan kemarahan atau kesedihannya akan lebih mudah menyesuaikan dengan teman-teman sekolahnya. Secara sosial, anak sudah memperlihatkan kemampuan untuk berbagi dengan anak lain serta mengikuti aturan sekolah seperti mengantri menunggu gilirannya.

“Aspek penting lainnya adalah anak sudah menunjukkan kemandirian sehingga mampu menolong dirinya sendiri dan tidak bergantung pada orangtuanya,” pungkasnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming