Image

Terungkap! Pemicu Bullying di Thamrin City karena Saling Ledek

Fahreza Rizky, Jurnalis · Selasa, 18 Juli 2017 - 17:33 WIB

JAKARTA - Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Sopan Adrianto, mengatakan kejadian bullying di Thamrin City tidak berkaitan dengan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di SMPN 273 Jakarta.

Menurut dia, aksi bullying terjadi lantaran adanya saling ejek antara korban dan pelaku.

"Ini tidak ada kaitan dengan MPLS. Ini benar-benar murni karena sebenarnya berawal dari ledek-ledekan," kata Sopan di SMPN 273, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (18/7/2017).

Ia mengatakan, berdasarkan hasil kesepakatan pihak yang berperkara, diambil keputusan bahwa korban mencabut aduannya di pihak kepolisian. Kemudian mereka sudah saling memaafkan karena faktanya pelaku dan korban merupakan teman.

Kendati demikian, pihak Disdik DKI‎ tetap memutuskan untuk mengembalikan kesembilan pelaku bullying ke orang tuanya masing-masing dan mencabut fasilitas Kartu Jakarta Pintar (KJP). Hal itu sudah sesuai dengan peraturan gubernur (pergub) yang berlaku.

"Ya kita kembalikan ke orang tua. Kembalikan itu maknanya tidak mengurangi, tidak menghilangkan hak yang bersangkutan untuk memperoleh pendidikan. Hanya tidak boleh sekolah di SMPN 273 lagi,"‎ jelas Sopan.

Disdik DKI, kata dia, akan mengawal proses perpindahan para pelaku yang diputuskan akan dikembalikan kepada orang tuanya. 

"Nanti akan kita bantu dari suku dinasnya, dari sekolah itu sendiri kita kasih pengantar," pungkas dia.

Sekadar informasi, video sekelompok pelajar berseragam SMP tengah melakukan dugaan tindak kekerasan terhadap pelajar lainnya viral di media sosial beberapa waktu lalu. Peristiwa itu terjadi di kawasan pusat perbelanjaan Thamrin City, Jakarta Pusat.

Para pelaku berseragam putih-biru tampak menjambak dan menganiaya korban yang juga pelajar hingga tersungkur ke bawah. Mereka juga memukul korban.

Setelah puas memukul dan menjambak, para pelaku meminta korban mencium tangan mereka. Kejadian perundungan itu juga direkam oleh siswa yang berada di lokasi. (sym)

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming