Image

Aktifitas Tinggi, Setiap Hari Terjadi 2 Kali Erupsi Gunung Sinabung

Erie Prasetyo, Jurnalis · Selasa, 18 Juli 2017 - 03:30 WIB
Erupsi Gunung Sinabung (Foto: Okezone) Erupsi Gunung Sinabung (Foto: Okezone)

MEDAN - Selama 3 pekan terakhir gunung api sinabung menunjukkan aktivitas yang tinggi. Bahkan dari laporan yang diterima dari Pos Pemantau PVMBG, Sinabung erupsi sebanyak 2 kali hampir di setiap hari.

Kepala Pos PGA Sinabung, Armen Putra mengatakan aktivitas Sinabung terus tinggi dan sampai saat belum belum menunjukan akan normal kembali.

Untuk hari ini erupsi terjadi 2 kali 11.12 WIB dan 14.03 WIB, Senin (17/7/2017). Kedua erupsi itu menyemburkan abu vulkanik setinggi 500 meter dan juga menimbulkan gempa disekitar Sinabung.

"Untuk sinabung hampir setiap hari erupsi karena saat ini aktivitasnya juga masih tinggi," ujar Armen, Senin malam.

Dia menjelaskan pihaknya terus memantau aktivitas gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara itu dari CCTV dan Thermal Cam milik PVMBG - Badan Geologi.

"Masyarakat dan wisatawan jangan melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak, dan dalam jarak 7 km untuk sektor selatan-tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor tenggara-timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor utara-timur Sinabung," tambahnya.

Dia juga mengingatkan telah terbentuk bendungan di hulu Sungai Laborus dekat Sinabung, maka penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sekitar hilir daerah aliran sungai Laborus agar tetap menjaga kewaspadaan karena bendungan ini sewaktu-waktu dapat jebol karena tidak kuat menahan volume air hingga bisa mengakibatkan banjir bandang.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap potensi bahaya lahar dingin," imbau Armen.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming