nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Akibat Cuaca Buruk, 13 Penerbangan ke Tanjungpandan Belitung Tertunda

Arsan Mailanto, Jurnalis · Selasa 18 Juli 2017 13:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 18 340 1738863 akibat-cuaca-buruk-13-penerbangan-ke-tanjungpandan-belitung-tertunda-E5Qw1PuB5H.JPG Penumpang pesawat saat menunggu delay (foto: Arsan/Okezone)
 

BELITUNG - Sebanyak 13 penerbangan rute Tanjungpandan (H.A.S. Hanandjoeddin) - Jakarta (Soekarno-Hatta) dan Tanjungpandan (H.A.S Hanandjoeddin) - Pangkalpinang (Depati Amir) tertunda akibat cuaca buruk yang melanda wilayah Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

Kasie Keselamatan Penerbangan Ditjen Perhubungan Udara, Nanang S menyatakan, penundaan penerbangan ini dilakukan demi menjaga keselamatan para penumpang dari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kami sudah memberitahukan masalah penundaan (delayed) ini kepada seluruh penumpang karena cuaca sedang buruk. Belum bisa kami pastikan sampai kapan penundaan tergantung kondisi cuaca," ujarnya di Tanjungpandan kepada wartawan, Selasa (18/7/2017).

Dia mengungkapkan, bahwa kondisi cuaca di bandara saat ini cukup buruk dan mengurangi jarak pandang di bawah minimal. Sehingga pihak maskapai penerbangan masih menunggu waktu yang tepat untuk terbang jika cuaca sudah baik.

"Pesawat-pesawat dari Jakarta dan Pangkalpinang saat ini masih menungu di Bandara masing-masing hingga cuaca di Tanjungpandan sudah bagus. Untuk di Bandara sendiri operasionalnya berjalan normal dan tidak ada kendala sama sekali," terang Nanang.

Seharusnya, kata dia pagi tadi ada tiga penerbangan yang akan mendarat ke Bandara H.A.S. Hanandjoeddin yaitu dari maskapai Garuda Air, Sriwijaya Air dan City Link. Namun, ketiganya mengalami pembatalan disebabkan cuaca yang tidak memungkinkan.

"Dari tiga maskapai tersebut Sriwijaya Air dan City Link sudah sempat terbang di atas Pulau Belitung, keduanya sempat berputar sekira 10 menit. Akan tetapi, dikarenakan cuacanya sangat buruk maka kedua maskapai tersebut kembali lagi ke Jakarta," paparnya.

Pihaknya juga berharap kondisi cuaca buruk ini secepatnya membaik dan kembali normal, sehingga penerbangan di Bandara H.A.S. Hanandjoeddin bisa kembali berjalan normal.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini