Image

Korban Kebakaran Belasan Kapal di Pati Jalani Terapi Nyeri Saraf

Taufik Budi, Jurnalis · Selasa, 18 Juli 2017 - 03:00 WIB
Salah satu korban kebakaran kapal nelayan di Pati (Foto:Ist) Salah satu korban kebakaran kapal nelayan di Pati (Foto:Ist)

SEMARANG - Dua korban kebakaran belasan kapal nelayan di kawasan Pulau Seprapat, Juwana, Pati, Jawa Tengah masih menjalani perawatan intensif di RSUP dr Kariadi Semarang. Mereka menderita luka bakar 42 dan 50 persen sehingga mengakibatkan kulit luar dan sel jaringan dalam melepuh.

"Penanganan yang kita lakukan dengan memberikan sejumlah terapi saraf untuk mengurangi nyeri pada tubuh. Selain itu juga dilakukan pengecekan tekanan suhu tubuh secara rutin, karena tubuhnya rawan terkena dehidrasi dan infeksi," kata Rusdi, Penanggung Jawab Bangsal Rajawali Bedah Pria.

Dia mengatakan butuh penanganan lebih lanjut untuk menyembuhkan luka pasien tersebut. Saat ini, pihaknya masih menunggu hasil observasi tim dokter bedah kulit untuk mengetahui pasien perlu menjalani operasi kulit atau hanya perawatan luka bakar biasa.

"Pasien ini menderita luka bakar di wajah, tangan, dada sampai kedua kaki. Untuk pemulihannya tergantung pada luka bakar korban. Kami masih menunggu hasil observasi dokter," tambahnya.

Sementara itu, Humas RSUP dr Kariadi, Parna, menyampaikan, biaya perawatan kedua pasien ditanggung oleh BPJS. Kondisi kedua nelayan cantrang tersebut juga semakin stabil, dan bisa diajak berkomunikasi oleh keluarga yang menunggui.

Kebakaran yang meludeskan 12 kapal nelayan itu mengakibatkan tiga orang menderita luka bakar serius. Dua korban dilarikan ke RSUP dr Kariadi Semarang, yakni Edi Siswanto dan Karbani. Keduanya merupakan warga Desa Trimulyo, Kecamatan Juwana, Pati.

Edi menjalani perawatan intensif di Bangsal Rajawali II, sementara Karbani dirawat di IGD sebelum dipindah ke HCU karena luka bakarnya mencapai 50 persen. Sedangkan satu satu orang lainnya atas nama Supardi (48), warga Bojomulyo RT 4/4 Pati, dirawat di RS Budi Agung Juwana.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming