Terobosan Unik! Labu Siam Disulap Jadi Salep Cegah Kanker

Siska Permata Sari, Okezone · Rabu 19 Juli 2017 09:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 18 65 1738992 terobosan-unik-labu-siam-disulap-jadi-salep-cegah-kanker-XwADpmuLyj.jpg Foto: Dok UGM

JAKARTA - Inovasi mahasiswa Indonesia di bidang pengobatan alternatif terus berkembang. Belakangan, sejumlah mahasiswa di Yogyakarta meneliti pemanfaatan labu siam untuk mengatasi kanker kulit jenis Melanoma Maligna.

Seperti diketahui, jenis kanker ini merupakan salah satu jenis kanker kulit yang bersifat ganas, cepat, menyebar ke organ lain, hingga menyebabkan kematian.

"Dalam labu siam mengandung senyawa flavonoid dan saponin yang merupakan senyawa antikanker," jelas salah satu mahasiswa penggagas dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Dwi Jami Indah, seperti dilansir dari laman UGM, Rabu (19/7/2017).

Selain Dwi, ada tiga mahasiswa lain yang ikut meneliti labu siam untuk pengobatan kanker kulit. Mereka di antaranya Bening Larasati, Dea Febiansi, dan Dhella Apriliandha.

Model pemanfaatannya sendiri yakni dengan memanfaatkan getah dari kulit labu siam tersebut menjadi bahan dasar salep untuk mengobati penyakit berbahaya ini.

"Kebanyakan labu siam diolah menjadi bahan makanan. Sementara bagian lain belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Padahal, kulit tanaman sayur itu mengandung getah yang memiliki khasiat bagi kesehatan," terang mahasiswa Fakultas Biologi UGM tersebut.

Setelah melakukan berbagai uji coba dan penilitian, ungkap Dwi, hasilnya menunjukkan bahwa labu siam dapat menghambat pertumbuhan sel. Pembuatan produk salep dari labu siam ini merupakan salah satu terobosan unik para mahasiswa Indonesia. Selain itu, hal ini juga sebagai wujud pemanfaatan bahan alam sebagai obat alternatif.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini