Koalisi China dan Pakistan Siap Serang India Terkait Konflik di Himalaya

Silviana Dharma, Okezone · Rabu 19 Juli 2017 19:48 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 19 18 1740151 koalisi-china-dan-pakistan-siap-serang-india-terkait-konflik-di-himalaya-Hj4WazSmLX.jpg Mantan Menhan India, Mulayam Singh Yadav. (Foto: The Indian Express)

NEW DELHI – Ketua Partai Samajwadi yang juga mantan menteri pertahanan India, Mulayam Singh Yadav, mengatakan bahwa China dalam posisi siap menyerang India. China disebutnya berkoalisi dengan Pakistan untuk melancarkan aksi militernya tersebut.

Untuk itu, dia meminta agar pemerintah tetap pada pendiriannya untuk mendukung kemerdekaan Tibet di Pegunungan Himalaya. Ia berharap parlemen tahu apa yang harus dilakukan dalam menghadapi tantangan dari negeri jiran.

“India saat ini menghadapi bahaya besar dari China. Saya sudah memperingatkan pemerintah pusat selama bertahun-tahun. China sekarang sudah bekerja sama dengan Pakistan. Persiapannya sudah matang untuk menyerang India,” ungkapnya seperti dinukil dari First Post, Rabu (19/7/2017).

Ia berpendapat bahwa pemerintah seharusnya memandang Negeri Tirai Bambu sebagai musuh terbesar. “Apa yang sudah diperbuat pemerintah? Di Kashmir, tentara China bersekutu dengan tentara Pakistan,” sambung Yadav dalam acara Zero Hour di India.

Politisi India kelahiran 21 November 1939 itu juga meyakinkan kalau China telah mengubur senjata nuklir di Pakistan dan India lah sasarannya. Dia menantang pemerintah untuk menanyakan langsung hal itu kepada lembaga intelijen nasional kalau tidak percaya.

“Mereka tahu lebih baik dari saya. China adalah musuh kita, bukan Pakistan. Pakistan tidak bisa menghancurkan kita,” tandasnya.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini