Unik, Mahasiswa Ciptakan Jilbab Peningkat Stamina, Kok Bisa?

Siska Permata Sari, Okezone · Kamis 20 Juli 2017 09:06 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 19 65 1739982 unik-mahasiswa-ciptakan-jilbab-peningkat-stamina-kok-bisa-TuZyFeVzb2.jpg Foto: Dok Undip

JAKARTA - Ada saja kreasi dan inovasi mahasiswa Indonesia ini. Mulai dari memanfaatkan tanam-tanaman dan limbah untuk teknologi baru, obat-obatan, hingga membuat inovasi yang nyentrik.

Seperti yang dilakukan oleh para mahasiswa di Semarang. Mereka menciptakan jilbab unik yang bisa meningkatkan stamina tubuh. Tak percaya?

Ya, mereka merupakan mahasiswa dari Universitas Diponegoro (Undip), Semarang. Di antaranya Intan Alfina Khoiriyah dari Ilmu Kesehatan Masyarakat, Aini Nur Furoida dari Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan, Niko Karuniawan dari Ilmu Hukum, Erna Erawati dari Teknik Informatika, dan Ayu Zahara di jurusan Ilmu Hukum.

Ide dari lima mahasiswa berbagai fakultas di Undip itu sama sekali tak terpikirkan yakni jilbab peningkat stamina. Berbeda dengan jilbab pada umumnya, jilbab inovasi dari mahasiswa ini akan mempengaruhi energi si pengguna jilbab.

Hal itu dikemukakan salah satu mahasiswa, Alfina. Ia mengaku ide ini berawal dari kegelisahan pribadinya dengan aktivitas dirinya yang padat dan menguras pikiran hingga buat staminanya turun.

"Kami memodifikasi jilbab yang dilengkapi kantong di sisi kanan dan kiri-nya. Kantong ini diisi aromaterapi," tutur Alfina yang juga selaku Ketua Tim seperti dilansir dari laman Undip, Kamis (20/7/2017).

Aromaterapi tersebut, lanjut dia, terbuat dari bahan esensial oil dan gel karagenan. Karagenan sendiri adalah senyawa yang diekstraksi dari rumput laut. "Aroma terapi mengeluarkan bau harum yang dipercaya dapat merelaksasikan pikiran sehingga penghirupnya bisa konsentrasi dan fokus," imbuh dia.

Jilbab kreasi mahasiswa yang dinamakan Jipenstu ini juga tidak menggunakan bahan-bahan aromaterapi yang membahayakan. Namun, karena tak terlalu banyak menggunakan bahan kimia, kelanggengan masa gel aromaterapi tersebut hanya bisa bertahan hingga dua minggu.

"Memang gel di jilbab ini bersifat lepas-pasang sehingga ketika dicuci bisa dilepas dan dipasang kembali ketika akan digunakan," papar mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat tersebut.

Selain meningkatkan stamina, Alfina juga mengklaim bahwa Jipenstu-nya ini mampu menenangkan pikiran, meningkatkan konsentrasi, dan yang paling penting tak menimbulkan alergi terhadap pemakainya. Jadi, aman untuk digunakan oleh siapa saja.

Ia dan timnya berharap Jipenstu alias Jilbab Peningkat Stamina Tubuh yang diinovasikan tersebut bukan hanya digunakan untuk fashion saja tetapi juga mampu memberikan dampak yang baik bagi kesehatan pemakainya. Sehingga jilbab langsung pakai ini bisa menjadi alternatif bagi para muslimah di luar sana yang membutuhkan energi tambahan selain dari jamu-jamuan atau obat-obatan.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini