nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapolda Sumut : Polisi yang Terlibat Narkoba Harus Kembali Menjalani Pendidikan di SPN

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Kamis 20 Juli 2017 21:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 20 340 1740861 kapolda-sumut-polisi-yang-terlibat-narkoba-harus-kembali-menjalani-pendidikan-di-spn-P7ihixWjwB.jpg Ilustrasi sabu-sabu (Foto: Okezone)

MEDAN – Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Paulus Waterpauw menegaskan, pihaknya akan mengirim kembali para oknum Polisi yang terbukti mengkonsumsi narkoba, ke Sekolah Polisi Negara (SPN). Mereka dikembalikan ke sekolah untuk direhabilitasi dan diberikan pembelajaran kembali tentang doktrin tentang kepolisian.

“Itu akan menjadi upaya kita untuk menyelamatkan mereka. Sekolahkan, kita kembalikan ke sekolah awal mereka, ke SPN,”ujar Irjen Paulus, Kamis (20/7/2017).

Selain dikembalikan ke sekolah, pihaknya juga sudah menyiapkan sanksi lain yang lebih berat. Baik itu saksi etik maupun sanksi pidana.

“Kalau sudah mau diselamatkan, tapi tidak juga berhenti, berarti mereka tidak mau bertugas di Kepolisian Republik Indonesia lagi. Kita berhentikan dan kita serahkan pada proses hukum," tegas Paulus.

Pemberian sanksi tegas ini, kata Irjen Paulus, dilakukan dalam rangka membersihkan internal kepolisian dari pengaruh buruk narkoba. Dalam upaya itu pula, pihaknya akan melakukan pemeriksaan secara berkala terhadap internal mereka.

“Saya dan pejabat utama Polda Sumut sudah berkomitmen membersihkan jajaran kita dari narkoba. Kita akan bersinergi bersama untuk mengatasinya. Kita akan lakukan tes urine,”tukasnya.

Sebelumnya diberitakan, kurang dari sepekan tiga personel Polri di jajaran Polda Sumatera Utara ditangkap karena patut diduga terlibat dalam peredaran narkoba. Satu diantaranya bahkan seorang pejabat di Polres.

Pada Sabtu 15 Juli 2017, personel Sat Polair Polres Serdang Bedagai, Aiptu S ditangkap terkait penyelundupan puluhan 44 Kg sabu sabu dari Malaysia. Kemudian pada Senin 17 Juli 2017, Kasubbag Pembinaan Operasi pada Bagian Operasional Polres Sibolga, AKP HS, diringkus di halaman sebuah kafetaria di Kelurahan Sihaporas Nauli, Pandan, Tapteng. Dia tertangkap membuang sejumlah barang bukti sabusabu saat akan ditangkap polisi.

Terakhir pada Rabu 19 Juli 2017 kemarin, Bripka RHL, personel Polsek Kutalimbaru, Restabes Medan, ditangkap tim dari Satuan Reserse Narkoba Polresta Medan di salah satu rumah di Blok E Kompleks Bumi Asri, Jalan Asrama, Medan. Saat ditangkap ia tengah berpesta narkoba dengan teman wanitanya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini