nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa 5,1 SR di Gunungkidul, BPBD: Belum Ada Laporan Kerusakan

Rayful Mudassir, Jurnalis · Kamis 20 Juli 2017 12:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 20 510 1740497 gempa-5-1-sr-di-gunung-kidul-bpbd-belum-ada-laporan-kerusakan-8uR5RPK7C1.jpg Ilustrasi

JAKARTA – Gempa bumi berkekuatan 5,1 Skala Richter mengguncang Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunung Kidul menyebut belum ada laporan apapun terkait kerusakan di wilayah itu.

Kasi Logistik dan Kedaruratan BPBD Gunungkidul, Taryono mengatakan, hingga kini pihaknya belum menerima laporan apapun akibat gempa yang terjadi sekira pukul 11.12 WIB tadi. Bahkan sebagian masyarakat tidak merasakan guncangan gempa.

“Sampai sekarang kami belum menerima laporan apa-apa. Masyarakat tadi juga bilang tidak merasakan gempa. Saya sendiri tidak merasakan gempa tadi,” kata Taryono kepada Okezone, Kamis (20/7/2017).

Meski begitu, hingga kini pihak masih siaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan di Gunung Kidul. BPBD juga meminta masyarakat untuk tidak panik, namun tetap waspada mengantisipasi bila terjadi sesuatu. “Tapi memang sampai sekarang belum ada laporan apapun,” tegasnya.

Gempa bermagnitudo 5,1 skala richter terjadi pada kedalaman 10 kilometer pada titik 9,23 lintang selatan dan 110,41 bujur timur, atau tepatnya 135 kilometer barat daya Gunungkidul, DI Yogyakarta. Meski begiru, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini