Legislator Liburan, Negosiasi Pembentukan Pemerintahan Baru Belanda Tertunda

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Jum'at 21 Juli 2017 02:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 21 18 1741063 legislator-liburan-negosiasi-pembentukan-pemerintahan-baru-belanda-tertunda-aqljU5DbZJ.jpg PM Belanda Mark Rutte saat ini berstatus sebagai kepala pemerintahan sementara hingga yang baru resmi terbentuk (Foto: Michael Kooren/Reuters)

AMSTERDAM – Upaya untuk membentuk pemerintahan Belanda yang baru, mengalami penundaan setidaknya selama satu bulan. Sebab, perwakilan dari empat partai politik yang terlibat sedang menjalani liburan selama tiga pekan terhitung sejak Kamis, 20 Juli 2017.

Negosiasi pembentukan pemerintahan baru sudah dimulai sejak Juni lalu yang diprakarsai oleh Partai Rakyat untuk Kebebasan dan Demokrasi (VVD) pimpinan Perdana Menteri (PM) sementara Mark Rutte. Upaya pada Juni lalu merupakan yang ketiga sejak pemilihan umum pada 15 Maret 2017.

Pembahasan terakhir tersebut bertujuan untuk membentuk koalisi untuk menguasai parlemen secara mayoritas antara Partai VVD, Partai Demokrat 66 (D66), Partai Kristen Demokratik (CDA), dan Partai Serikat Kristen (CU). Negosiasi tersebut memecahkan rekor paling lama dalam 40 tahun terakhir.

Namun, mantan Menteri Keuangan Belanda, Gerrit Zalm, menyatakan negosiasi sudah memasuki tahap akhir. Mantan Ketua Eksekutif Bank ABN Amro itu membandingkan capaian negosiasi dengan turnamen balap sepeda, Tour de France.

“Kami sudah mencapai babak-babak panjat gunung dan masih akan ada lagi di depan. Kami tentu saja belum mencapai Paris,” tukas Gerrit Zalm, mengutip dari Reuters, Jumat (21/7/2017).

Pemerintahan Belanda yang dipimpin PM Mark Rutte masih tetap berkuasa namun dalam peran sementara. Pemerintahan sementara tersebut nampaknya akan segera merampungkan draf anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) untuk tahun fiskal mendatang yang harus disajikan pada 19 September mendatang.

Proses pembentukan tersebut mengalami penundaan pada Mei dan Juni lalu akibat dua isu penting, yakni imigrasi dan euthanasia (suntik mati). Negosiasi kali ini menjadi proses pembentukan paling panjang sejak 1977.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini