Image

Fahri Hamzah Yakin MK Bakal Kabulkan Gugatan Uji Materi UU Pemilu

Reni Lestari, Jurnalis · Jum'at 21 Juli 2017, 15:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 21 337 1741394 fahri-hamzah-yakin-mk-bakal-kabulkan-gugatan-uji-materi-uu-pemilu-kcfMHTeQih.jpg Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan, sesuatu yang wajar muncul rencana uji materi usai Undang-Undang Pemilu diketuk palu pada rapat paripurna DPR, Jumat (21/7/2017) dini hari. Ia pun meyakini bahwa gugatan tersebut akan dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK).

Selain karena empat fraksi walk out saat akan dilakukan voting, juga banyak elemen masyarakat merasa dirugikan dengan ketentuan presidential threshold atau ambang batas pencalonan presiden 20%-25%.

"Saya punya perasaan bahwa itu bisa menang, karena konsep threshold bertentangan dengan prinsip persyaratan atau prinsip pemilihan presiden dan wakil presiden secara langsung," kata Fahri di Kompleks Parlemen, Senaya, Jakarta.

Fahri melanjutkan, ketentuan presidential threshold dapat menciptakan instabilitas politik. Sebab, perolehan pencalonan presiden pada 2019 didasarkan pada perolehan suara Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014.

"Jadi, sebenarnya banyak catatannya terhadap opsi threshold itu," ujarnya.

Sementara itu, mengenai kebijakan hukum terbuka atau open legal policy yang dipakai untuk melegitimasi ketentuan ambang batas, Fahri mengatakan, seharusnya hal tersebut dikembalikan kepada putusan yang dibuat MK mengenai pemilu serentak.

"Jadi, open legal policy-nya sudah dibuat yaitu dengan menyerempakkan pilpres dan pileg artinya memang tidak ada lagi threshold," tukas Fahri.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini