nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah ISIS dari Marawi, Pengamanan di Perbatasan RI-Filipina Diperketat

Agregasi Antara, Jurnalis · Jum'at 21 Juli 2017 11:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 21 340 1741222 cegah-isis-dari-marawi-pengamanan-di-perbatasan-ri-filipina-diperketat-1U8HWVmgjb.jpg ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

SANGIHE - Komandan Korem (Danrem) 131 Santiago Sulawesi Utara, Brigjen TNI Sabar Simajuntak menegaskan, pengamanan di wilayah perbatasan Provinsi Sulawesi Utara dengan Filipina diperketat.

"Sebagai daerah perbatasan dengan negara Filipina, pengamanan di Kabupaten Sangihe dan Talaud sebagai pintu masuk harus diperketat," kata Brigjen TNI Sabar Simajuntak di Tahuna, Jumat (21/7/2017).

Menurut Danrem, semua anggota TNI yang bertugas di daerah Sangihe dan Talaud sebagai wilayah perbatasan tidak boleh lengah karena wilayah perbatasan pasti dijadikan pintu masuk oleh pemberontak yang lari dari Filipina.

"Anggota TNI yang berada di wilayah perbatasan tidak boleh lengah dalam melaksanakan tugas sebab pintu masuk dari Filipina adalah Kabupaten Sangihe dan Talaud," tegas Danrem.

Karena tidak menutup kemungkinan pasca pergolakan di wilayah Marawi Filipina Selatan para teroris memanfaatkan wilayah Sangihe dan Talaud sebagai pintu masuk ke Indonesia.

"Aparat keamanan harus memperkuat pengamanan di wilayah perbatasan agar pergerakan masyarakat pelintas batas bisa dipantau setiap saat," kata Danrem.

Sebagai aparat teritorial setiap anggota TNI harus berusaha mengenali semua penduduk Kabupaten Sangihe dan Talaud yang melakukan kunjungan ke negara Filipina.

"Kalau sampai ada teroris yang berhasil masuk ke Sulawesi Utara berarti suatu kelalaian anggota TNI," sebut Danrem.

Danrem juga sangat berharap dukungan masyarakat setempat untuk memberikan informasi kepada aparat keamanan apabila mengetahui ada orang yang tidak dikenal.

"Apabila masyarakat menemukan orang yang baru dan mencurigakan mohon laporkan kepada aparat keamanan," pinta Danrem.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini