Image

Mendagri: UU Pemilu Sudah Sah untuk Diberlakukan

Bramantyo, Jurnalis · Sabtu, 22 Juli 2017 - 21:40 WIB
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Foto Antara Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Foto Antara

KARANGANYAR - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan proses pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) pemilu sudah sah. Apalagi pengesahaan rancangan undang-undang menjadi undang-undang itu diputuskan DPR melalui rapat paripurna dan berjalan sangat demokratis.

"Dengan pengesahan ini, tentunya UU Pemilu sudah sah untuk diberlakukan. Dan saya sangat mengapresiasinya," papar Tjahjo saat menghadiri prosesi ngundu mantu salah satu pengurus DPD PDIP Jawa Tengah di Karanganyar, Sabtu (22/7/2017).

Meski begitu, Tjahjo juga menyampaikan, jika ada sebagian masyarakat ataupun kalangan anggota DPR yang merasa keberatan atas keputusan tersebut, bisa mengajukan uji materi di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Jika ada yang merasa keberatan bisa mengajukan uji materiil ke MK," tandas Tjahjo.

Bahkan hasil pengesahan UU Pemilu ini sudah dilaporkan ke Presiden Jokowi Widodo. Bahkan Jokowi sendiri sudah menginstruksikan bahwa UU ini tetap sah dan harus dijalankan saat pelaksanaan pemilihan umum mendatang.

Seperti diketahui bahwa DPR sudah menetapkan UU Pemilu yang salah satunya berisi bahwa ambang batas pemilihan presiden sebesar 20% dari kursi DPR atau 25% suara sah nasional pemilu legislatif tersebut. Hal tersebut berarti partai politik bisa mencalonkan presiden dan wakil presiden jika menduduki setidaknya 20% kursi DPR.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming