Image

Terlibat Korupsi, Kejati Tahan 2 Pegawai BPAD Sumut

Erie Prasetyo, Jurnalis · Sabtu 22 Juli 2017, 22:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 22 340 1742138 terlibat-korupsi-kejati-tahan-2-pegawai-bpad-sumut-yjn1F6n5ch.jpg Ilustrasi (Okezone)

MEDAN - Dua orang pejabat di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ditahan Penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksan Tinggi karena terlibat korupsi di Badan Perpustakaan, Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Sumut dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas).

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Sumut, Sumanggar Siagian menerangkan kedua pejabar yang sudah ditetapkan sebagai tersangka yakni Mochamad Chumaidi (44) dan Heri Nopianto (36).

"Keduanya disangkakan Pasal 2 Jonto Pasal 3 Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jonto Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHPidana," ujar Sumanggar, Sabtu (22/7/2017).

Sumanggar menjelaskan, proses penanganan kasus dugaan korupsi di Bapemas Provsu tersebut telah berjalan sejak akhir 2016.

"Para tersangka sudah pernah dipanggil sebelumnya, dan untuk tersangka yang ditahan pada hari ini telah dipanggil sebanyak tiga kali dan demikian juga untuk dua tersangka dugaan korupsi di BPAD Provinsi Sumut," jelasnya.

Menurutnya, dugaan korupsi korporasi itu terjadi dalam penggunaan dana dekonsentrasi bersumber dari dana Perubaha Anggaran Pendapatan Belanja Negara (P-APBN) Tahun Anggaran (TA) 2015 sebesar Rp 41,8 miliar pada Dinas Bapemas Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara, untuk kegiatan pelatihan pengembangan kapasitas aparatur pemerintahan desa se-Provinsi Sumut, yang dibagi dalam 4 paket/zona.

"Kasus itu terungkap dari temuam di BPK RI. Kerugian ditaksir sebesar Rp 1,5 miliar," tandas Sumanggar.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini