Image

Wah! Bela Masjid Al Aqsa, Muslim dan Kristen Palestina Kompak Berunjuk Rasa

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 25 Juli 2017, 11:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 25 18 1743373 wah-bela-masjid-al-aqsa-muslim-dan-kristen-palestina-kompak-berunjuk-rasa-64ib6swYdx.jpg Muslim dan Kristen Palestina kompak berunjuk rasa memprotes pembatasan beribadah di Masjid Al Aqsa (Foto: Middle East Monitor/Youtube)

TEPI BARAT – Keprihatinan terhadap krisis Masjid Al Aqsa tidak hanya milik Muslim di Palestina, tetapi juga umat Kristiani. Puluhan umat Kristen dan Islam Palestina berunjuk rasa di depan Gereja Kelahiran Yesus di Betlehem, Tepi Barat, untuk memprotes aksi Israel di Masjid Al Aqsa, Yerusalem.

“Hari ini kami berdiri di depan Gereja Kelahiran Kristus, yang tidak lain adalah tempat kelahiran Yesus Kristus, untuk menunjukkan tidak ada perbedaan antara Masjid Al Aqsa dengan Gereja Makam Suci,” ujar juru bicara Kaukus Pemuda Ortodoks Arab, Jalal Barham, dinukil dari Middle East Monitor, Selasa (25/7/2017).

Unjuk rasa diadakan pada Senin 24 Juli 2017 untuk memprotes pemasangan detektor logam di pintu masuk kompleks Masjid Al Aqsa. Jalal menegaskan, seharusnya tidak ada perbedaan perlakuan di pintu masuk antara Masjid Al Aqsa dan gereja-gereja di kompleks Makam Suci Yerusalem.

“Tidak ada bedanya antara gerbang Masjid Al Aqsa dengan gerbang Gereja Makam Suci dan Gereja Kelahiran Yesus. Kami menegaskan bahwa kita adalah satu, dan sejarah kita adalah satu, Muslim dan Kristen. Orang-orang tidak akan menerima hal tersebut. Kami akan terus berjuang untuk kebebasan dan martabat kesucian Islam dan Kristen,” tukas Jalal Barham.

Warga Palestina di Yerusalem masih menolak untuk masuk ke dalam area Masjid Al Aqsa sejak detektor logam dipasang pada Minggu 16 Juli 2017. Muslim Palestina bahkan menunaikan ibadah salat Jumat pada pekan lalu di depan detektor logam yang dijaga ketat pasukan keamanan Israel.

Israel akhirnya mencabut detektor logam tersebut sejak Senin malam waktu setempat sesuai keputusan rapat menteri kabinet. Meski demikian, Israel tetap melakukan langkah pengamanan dengan memasang kamera pengawas canggih di sekitar jalan-jalan yang menuju Masjid Al Aqsa.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini