nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tragis! Pawang Gajah Ini Tewas Terinjak Hewan yang Dirawatnya

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Rabu 26 Juli 2017 05:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 26 18 1743996 tragis-pawang-gajah-ini-tewas-terinjak-hewan-yang-dirawatnya-gUflvE87tt.jpg Gajah beranam Mbanje (kiri). (f

HARARE - Enock Kufandada merupakan seorang pawang gajah yang bekerja di Taman Nasional Adventure Zone Victoria Falls, Zimbabwe. Pria berusia 50 tahun itu telah menjalani profesinya tersebut selama lebih dari satu dekade. Siapa sangka, Enock justru tewas oleh gajah yang dirawatnya sendiri yang bernama Mbanje.

Gajah berusia 30 tahun itu diketahui bertugas untuk mengantarkan turis jalan-jalan dengan didampingi oleh Enock. Ketika kejadian mengerikan yang menimpa Enock terjadi, Mbanje diketahui tengah dinaiki oleh seorang wisatawan perempuan bernama Nkanyezi.

Pada awalnya Mbanje bersikap normal dan tetap berjalan bersama dengan gajah-gajah lain hingga ia tiba-tiba menyerang dan menginjak Enock tanpa alasan yang jelas. Akibat serengan yang dilakukannya itu Mbanje terpaksa ditembak mati oleh penjaga hutan Taman Nasional dan Margasatwa Zimbabwe demikian sebagaimana dimuat Metro, Rabu (26/7/2017).

Elephant forced to give rides to tourists tramples handler to death

Enock Kufandada (tengah) bersama teman-temannya. (Foto: Adventure Zone)

Pengelola Adventure Zone, Brent Williamson mengaku menyesalkan insiden tersebut.

"Saya merasakan penyesalan yang medalam bahwa salah satu gajah kami telah menyebabkan seorang pemandu tewas dan kami dengan terpaksa juga menembak mati Mbanje," ujar Brent.

Sayangnya penyebab pasti mengamuknya Mbanje masih belum diketahui. Sementara itu, Badan Pencegahan Kekejaman terhadap Hewan Zimbabwe (ZNSPCA) menyatakan, bahwa gajah tidak benar-benar bisa dijinakkan. Para gajah yang diperuntukan untuk melayani para turis biasanya diculik di usia muda dan dipisahkan dari keluarga mereka.

Dan agar bisa tunduk, gajah tak jarang mengalami siksaan secara fisik maupun mental. Hal inilah yang kemungkinan besar mampu memicu emosi tidak stabil dari para gajah.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini