Image

Milad ke-42, Ma'ruf Amin: MUI Harus Istiqomah sebagai Pelindung Umat

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Rabu 26 Juli 2017, 23:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 26 337 1744617 milad-ke-42-ma-ruf-amin-mui-harus-istiqomah-sebagai-pelindung-umat-sxUMdP0rfR.jpg Kh Ma'ruf Amin (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin. berharap MUI tetap istiqomah dalam mengemban peran sebagai pelindung dan penjaga umat dan sekaligus juga sebagai pengawal dan penjaga negara.

"Hari ini, MUI genap berusia 42 tahun. Selama kurun waktu tersebut banyak hal yang telah dilakukan MUI kepada umat dan bangsa. MUI berusaha tetap istiqomah," ucapnya saat pidato dalam acara HUT MUI Ke-42 di Balai Sarbini, Jalan Sudirman, Setiabudi, Jakarta Selatan. Rabu (26/7/2017).

Dirinya juga menghimbau pentingnya menjaga keutuhan negara Indonesia berlandaskan fatwa tahun 2003, yang menyebutkan penegakan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan final.

"Didalam rangka mengawal bangsa dan negara, MUI telah mengambil keputusan yang sangat penting dalam komisi fatwa MUI pada 2003 telah menyatakan bahwa pendirian NKRI adalah upaya final bangsa Indonesia," tuturnya.

Ma'ruf juga meminta seluruh umat memiliki tanggung jawab yang sama sebagai warga untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara merupakan tanggung jawab seluruh umat.

"Oleh karenanya, sebagai bentuk implementasi kebangsaan dan tanggung jawab keumatan, seluruh muslim wajib memelihara Pancasila sebagai dasar negara dan keutuhan NKRI. Serta menjaganya dari segala bentuk rongrongan, pengkhianatan dengan alasan apapun, serta ideologi apapun," pungkasnya.

Peringatan Milad Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke-42 sendiri, dihadiri beberapa petinggi Polri dan TNI serta banyak tokoh nasional. Seperti Panglima TNI, Jendral Gatot Nurmantyo, Kapolri Jendral Tito Karnavian, Menkopolhukam, Wiranto, Menteri Agama Lukman Hakim. Selain itu sejumlah tokoh Nasional nampak hadir seperti KH Abdullah Gymnastiar, Tokoh Muhammadiyah, Din Syamsuddin, Politisi Partai Hanura, Oesman Sapta Odang dan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat, Surya Paloh.

Wakil Presiden Jusuf Kalla yang berhalangan hadir, tetap memberikan ucapan dalam Milada MUI ke-42, melalui video conference melalui video. "Selamat dan sukses milad Mui ke 42 tahun," ucap Jusuf Kalla yang disaksikan para tamu.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini