Berteman Akrab, Ternyata Menlu Indonesia dan Laos Seperti Kakak-Adik

Silviana Dharma, Okezone · Kamis 27 Juli 2017 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 27 18 1744910 berteman-akrab-ternyata-menlu-indonesia-dan-laos-seperti-kakak-adik-3t7lRvQdBC.jpg Menlu Laos Saleumxy Kommasith (ki) dan Menlu RI Retno Marsudi dalam pertemuan bilateral di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, 27 Juli 2017. (Foto: Silvi/Okezone)

JAKARTA - Ada yang tidak biasa dari pertemuan bilateral antara Menteri Luar Negeri Indonesia Retno LP Marsudi dan Menlu Laos Saleumxy Kommasith. Pertemuan yang biasanya hanya berlangsung kurang lebih setengah jam. Hari ini molor hingga dua jam lamanya.

Ketika perbincangan usai, keduanya juga tak langsung menyapa awak media, melainkan berjalan ke arah backdrop yang sedari tadi ditutup tirai merah. Dalam hitungan ketiga, Menlu Retno dan Menlu Kommasith menarik terbuka tirai tersebut. Diiringi tepuk tangan dari para staf.

Rupanya, pertemuan ini memang spesial. Selain dalam rangka Joint Commission for Bilateral Cooperation (JCBC) kelima, kunjungan bilateral ini sekaligus merayakan 60 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

"Tahun ini memang tahun yang istimewa bagi kedua negara, karena hubungan antara Laos dan Indonesia genap sudah terjalin selama 60 tahun," terang Menlu Retno dalam konferensi pers gabungan di Pejambon, Jakarta Pusat, Kamis (27/7/2017).

Lebih lanjut, Menlu Retno mengungkap hubungannya dengan Menlu Kommasith. "Kami sangat menyambut baik kedatangan Menlu Laos karena dia bukan sekadar rekan sejawat, tetapi sudah seperti saudara laki-laki saya sendiri," ucapnya.

Gambaran yang sama dilontarkan Menlu Kommasith. Dia menyebut diplomat Indonesia itu sebagai sister (saudara perempuannya). Bahkan dia menuturkan, bagaimana Menlu Retno selalu ada untuk mendukungnya di saat-saat tersulit.

"Ketika saya terpuruk setahun lalu, dukungannya membangkitkan semangat saya. Membuat saya mampu melewati misi yang terasa paling mustahil sekali pun. Jadi saya sangat berterima kasih kepada Menlu Retno dari lubuk hati saya yang paling dalam," bebernya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini