nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Catat! Ini Pentingnya Kartu Identitas Anak Menurut Mendagri

Silviana Dharma, Jurnalis · Kamis 27 Juli 2017 07:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 27 337 1744718 catat-ini-pentingnya-kartu-identitas-anak-menurut-mendagri-wUNJnHcYtQ.jpg Mendagri Thahjo Kumolo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri berencana meluncurkan kartu identitas anak (KIA), minimal untuk pelajar di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Mendagri Tjahjo Kumolo menjelaskan, KIA penting agar anak-anak terdata kependudukannya sejak dini.

Selain itu, ia menilai KIA ini penting untuk anak-anak belajar menabung. Sebagaimana menabung di bank membutuhkan KTP. Namun kartu identitas tersebut baru bisa didapatkan oleh mereka yang berusia di atas 17 tahun.

"Dengan KIA ini anak-anak kan nanti bisa belajar menabung sejak dini. Masa menabung harus pinjam kartu identitas orangtua?" katanya kepada awak media di Kemenhan, Jakarta Pusat, Rabu 26 Juli 2017.

Lebih lanjut, Tjahjo meyakinkan keberadaan KIA ini berbeda dengan kartu pelajar yang terbatas pendataannya di sekolah. KIA terdata secara nasional, sehingga kelak ketika anak-anak itu sudah mencapai batas usia kedewasaan. Mereka tinggal menggantinya ke e-KTP. Dengan NIK-nya sudah sama, jadi tidak repot lagi mengurusnya.

"Untuk sekarang saya usulkan minimal KIA untuk anak SMP dulu. Tapi katanya ada daerah yang mau mengeluarkan KIA sejak tingkat SD. Itu tidak masalah, kita lihat nanti mekanismenya," papar politisi PDI-P tersebut.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini