nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Astaga! Imbas Kebakaran di Aceh Barat, Belasan Warga Alami Gangguan Pernapasan

Rayful Mudassir, Jurnalis · Kamis 27 Juli 2017 11:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 27 340 1744825 astaga-imbas-kebakaran-di-aceh-barat-belasan-warga-alami-gangguan-pernapasan-WVg9TGFIzy.jpg Ilustrasi

JAKARTA – Kabut asap yang melanda Kabupetan Aceh Barat yang dipicu kebakaran hutan dan lahan dalam sepekan terakhir, belum menunjukkan tanda penurunan. Belasan warga Kota Meulaboh bahkan mulai terganggu saluran pernapasan akibat kabut asap kebakaran.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Barat, Zafril Lutfi mengaku pihaknya hari ini masih mendata jumlah warga yang mulai terganggu saluran pernapasan. Dinas Kesehatan juga memaksimalkan 13 puskesmas yang ada di Meulaboh untuk menangani para korban.

“Hari ini kita masih memantau warga yang bermasalah dengan pernapasannya karena asap. Data yang masuk baru dua puskesmas, korban sudah 19 orang warga yang dibawa ke puskesmas. Tapi, kebanyakan terganggu saluran pernapasan ringan,” kata Zafril Luthfi kepada Okezone, Kamis (27/7/2017).

Korban akibat asap ini diprediksi terus bertambah. Pasalnya, asap akibat kebakaran tersebut masih cukup terasa. Bahkan kata Zafril, sejumlah wilayah di Meulaboh pagi tadi mengalami kabut pekat akibat asap kebakaran.

Dinas Kesehatan Meulaboh memaksimalkan seluruh tenaga medis yang ada untuk menangani para korban. Bagi masyarakat yang mengalami gangguan pernapasan akut, petugas akan merujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Nyak Dien, Aceh Barat.

“Kalau sekadar infeksi saluran pernapasan biasa, akan ditangani di puskesmas. Kalau gangguan pernapasan menurut kita sudah berbahaya, akan kita bawa ke rumah sakit,” tukasnya.

Di samping itu, lanjut Zafril, Dinas Kesehatan juga telah membagikan sebanyak 20 ribu lebih masker bagi setiap pengguna jalan di Aceh Barat. Pembagian masker telah dilakukan sejak beberapa hari lalu. Bahkan, siswa sekolah juga mendapat masker dari pihaknya demi kelancaran proses belajar mengajar.

Sekadar diketahui, kebakaran di Aceh Barat telah terjadi sejak sepekan terakhir. Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, kebakaran lahan dan hutan di wilayah itu diperkirakan telah meluas hingga 69 hektare. BNPB juga telah menurunkan dua helikopter bom air untuk memadamkan api.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini