Image

56 Jamaah Luka-Luka Dihadang Pasukan Israel di Masjid Al Aqsa

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 28 Juli 2017, 01:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 28 18 1745338 56-jamaah-luka-luka-dihadang-pasukan-israel-di-masjid-al-aqsa-GHLytjDPPQ.jpg Pasukan keamanan Israel dilaporkan tetap berada di Masjid Al Aqsa (Foto: Ammar Awad/Reuters)

YERUSALEM – Israel akhirnya sudah mencabut pagar serta kamera pengawas dari kompleks Masjid Al Aqsa, Yerusalem. Langkah tersebut disambut dengan imbauan dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas agar umat Islam kembali memenuhi Haram al Sharif untuk menunaikan ibadah salat.

Sebelumnya, selama hampir dua pekan terakhir umat Islam Palestina diimbau untuk tidak memasuki kompleks Masjid Al Aqsa karena langkah Israel menempatkan detektor logam. Muslim Palestina akhirnya melakukan protes dengan menunaikan salat di depan pintu masuk yang dijaga ketat.

BACA JUGA: Pagar dan CCTV Dicabut, Presiden Palestina: Mari Salat Kembali di Masjid Al Aqsa

Meski pengamanan sudah berkurang, Israel tetap menempatkan pasukan bersenjatanya di halaman depan kompleks Masjid Al Aqsa. Seperti dimuat Middle East Monitor, Jumat (28/7/2017), pasukan Israel menggunakan peluru karet dan gas air mata untuk memukul mundur kerumunan massa yang ingin beribadah di Masjid Al Aqsa.

BACA JUGA: Pengamat Politik Timur Tengah: Israel Sering Langgar Aturan soal Masjid Al Aqsa

Komunitas Bulan Sabit Merah Palestina menerangkan, sedikitnya 56 orang warga luka-luka akibat tindakan pasukan keamanan Israel tersebut. Tensi tampak masih cukup tinggi menjelang rencana unjuk rasa di Yerusalem dan sejumlah wilayah Palestina terkait okupasi Israel tersebut.

Kementerian Informasi Palestina sempat melontarkan pujian atas upaya gigih warga serta demonstran untuk melawan kesewenang-wenangan Israel. Kegigihan tersebut dianggap memberikan pelajaran penting mengenai persatuan dan kegigihan.

BACA JUGA: Palestina Selalu Mengalah, Mengapa Israel Terus Cari Gara-Gara?

Senada dengan Presiden Mahmoud Abbas, otoritas Muslim Yerusalem, Waqf, juga meminta para Muslim untuk kembali beribadah di dalam Masjid Al Aqsa. Rencananya, ibadah salat Jumat pada siang waktu setempat akan kembali berlangsung setelah dihalang-halangi dalam dua pekan terakhir.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini