Image

Ya Ampun! Diduga Korupsi, PM Pakistan Dipecat

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 28 Juli 2017, 15:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 28 18 1745724 ya-ampun-diduga-korupsi-pm-pakistan-dipecat-kQbsBXbySL.jpg PM Pakistan Nawaz Sharif. (Foto: Reuters)

ISLAMABAD – Mahkamah Agung Pakistan memberhentikan Perdana Menteri (PM) Nawaz Sharif dari jabatannya menyusul penyelidikan korupsi yang memberatkan terhadap kekayaan keluarganya. Ini adalah kali ketiga PM Pakistan itu terdepak di tengah masa jabatannya.

Keputusan itu diambil Mahkamah Agung Pakistan setelah panel penyelidik menuding Sharif dan keluarganya tidak dapat mempertanggungjawabkan harta kekayaannya yang sangat besar. Selain memberhentikan Sharif, pengadilan juga memerintahkan penyelidikan kriminal terhadap mantan orang nomor satu Pakistan itu dan keluarganya.

"Dia tidak lagi layak menjadi anggota parlemen yang jujur, dan dia tidak lagi menjabat sebagai PM," kata Hakim Ejaz Afzal Khan sebagaimana dikutip Reuters, Jumat (28/7/2017).

Sharif selalu membantah telah melakukan kesalahan dan telah hasil menolak penyelidikan yang disebutnya bias dan tidak akurat. Sekutu Sharif telah menuduh ada konspirasi untuk menggulingkan pria berusia 67 tahun tersebut.

Sebelumnya Sharif telah dua kali gagal menyelesaikan masa jabatannya sebagai PM Pakistan. Pada masa jabatannya yang pertama, dia terpaksa mundur pada Juli 1993 setelah bertikai dengan Presiden Ghulam Ishaq Khan. Sementara masa bakti keduanya dihentikan oleh kudeta militer pada 1999.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini