nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahasiswa Meninggal, Politeknik Negeri Batam Akan Benahi Tes Kesehatan

Aini Lestari, Jurnalis · Jum'at 28 Juli 2017 13:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 28 65 1745583 mahasiswa-meninggal-politeknik-negeri-batam-akan-benahi-tes-kesehatan-GURwqUyfXw.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

BATAM - Kegiatan bela negara, kedisiplinan dan kepemimpinan yang diberikan kepada mahasiswa baru jurusan Teknik Perawatan Pesawat Udara haruslah mengikuti beberapa tes terlebih dahulu. Salah satunya yakni tes kesehatan.

Tes kesehatan diwajibkan kepada seluruh taruna baru Politeknik Negeri Batam. Hal ini guna mengetahui tingkat kesehatan fisik dari setiap mahasiswa.

"Semacam cek kesehatan umum dan ada surat yang dikeluarkan oleh dokternya nanti. Pemeriksaan ini dilakukan di (rumah sakit) BMC (Batam Medical Center)," Direktur Politeknik Negeri Batam, Priyono Eko Sanyoto yang didampingi oleh GM AMTO, Sunarto, Jumat (28/7/2017)

Dokter yang melakukan pemeriksaan dalam tes kesehatan terhadap mahasiswa telah mengetahui jika pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan setiap mahasiswa untuk mengikuti kegiatan pelatihan bela negara. Hanya saja, pemeriksaan yang dilakukan hanya sebatas pemeriksaan umum.

Kendati demikian, pihak kampus mengaku telah meminta data riwayat penyakit dari setiap mahasiswa. Sayangnya, Moses dan keluarganya tidak pernah mencantumkan hal tersebut. Padahal Moses diketahui memiliki beberapa riwayat penyakit seperti tipes dan kelebihan berat badan.

"Hal tersebut tidak pernah dicantumkan oleh keluarga atau orang tua almarhum saat mendaftarkan anaknya," kata Priyono lagi.

Ke depan, lanjut Priyono, pihaknya akan membenahi sistem tes kesehatan terhadap calon taruna baru. Ia juga mengaku bahwa kegiatan pelatihan bela negara ini tidak dapat dihilangkan dan akan tetap dilaksanakan pada penerimaan mahasiswa baru berikutnya.

"Kegiatan yang sekarang juga akan terus berlangsung hingga penutupan pada 29 Juli mendatang," ujarnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini