Image

Partai Berkuasa Pakistan Tunjuk Pengganti PM Nawaz Sharif

Rahman Asmardika, Jurnalis · Sabtu, 29 Juli 2017 - 23:27 WIB
Shahid Khaqan Abbasi. (Foto: Reuters) Shahid Khaqan Abbasi. (Foto: Reuters)

ISLAMABAD – Partai berkuasa di Pakistan, Liga Muslim Pakistan-N (PML-N) akan menunjuk Shahid Khaqan Abbasi sebagai Perdana Menteri (PM) sementara mengisi posisi Nawaz Sharif yang mengundurkan diri. Abbasi adalah pendukung setia PM Nawaz Sharif yang menjabat sebagai Menteri Perminyakan di dalam kabinet Pakistan sebelum vonis dari Mahkamah Agung menyatakan Sharif tidak lagi layak memegang jabatannya.

Diwartakan Reuters, Sabtu (29/7/2017), Abbasi akan menjadi pemegang kekuasaan sementara sampai adik Nawaz Sharif, Shehbaz maju dalam persaingan memperebutkan kursi di parlemen dan dapat mengambil alih posisi PM. Dengan posisi PML-N yang berkuasa dengan suara mayoritas di parlemen,Shehbaz tampaknya tidak akan mengalami kesulitan untuk ditunjuk sebagai PM baru Pakistan.

Shehbaz yang saat ini menjabat sebagai menteri kepada Provinsi Punjab juga harus mengundurkan diri posisinya.

Pengunduran diri PM Nawaz Sharif pada Jumat, 28 Juli membuat Pakistan mengalami kekacauan politik setelah kestabilan yang bertahan selama bertahun-tahun. Pria berusia 67 tahun itu mengundurkan diri setelah dinyatakan tidak layak memimpin Pakistan oleh Mahkamah Agung terkait kekayaannya dan keluarganya yang tidak dapat dipertanggung jawabkan. Mahkamah Agung juga telah memerintahkan penyelidikan kriminal terhadap Nawaaz Sharif dan keluarganya.  

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming