nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selamat! Indonesia Berhasil Raih Emas di Olimpiade Biologi Internasional

Agregasi Antara, Jurnalis · Senin 31 Juli 2017 14:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 31 65 1746996 selamat-indonesia-berhasil-raih-emas-di-olimpiade-biologi-internasional-xJUgS0wTdc.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

LONDON - Pelajar Indonesia kembali meraih prestasi yang membanggakan. Kali ini prestasi tersebut diraih oleh Tim Olimpiade Biologi Indonesia yang kembali memboyong satu medali emas, dua perak, dan satu perunggu di ajang International Biology Olympiad (IBO) ke-28 di Warwick, Inggris.

Empat pelajar yang tergabung dalam tim tersebut antara lain Agnes Natasya (SMAK BPK Penabur Kelapa Gading, Jakarta) yang meraih medali emas, Syailendra Karuna Sugito (SMA Semesta BBS, Semarang dan Muhammad Ikhsan (SMA Kharisma Bangsa, Tangerang) meraih medali perak, dan Salsabiilaa Roihanah (SMA Semesta BBS, Semarang) yang berhasil bawa pulang medali perunggu.

"IBO ke-28 dibuka Hari Minggu lalu oleh Ketua Royal Society of Biology, Rektor University of Warwick dan sambutan dari peraih Nobel Sir Paul Nurse di Warwick art Center, Warwick, Inggris," kata Deputi Ketua tim olimpiade Indonesia Dr. Ahmad Faizal, Senin (31/7/2017).

Ia menambahkan, siswa Indonesia tersebut bersaing dengan 241 pesaing dari 64 negara di seluruh dunia. Mereka, lanjut Ahmad, mengerjakan tiga topik praktikum yakni Biologi Tumbuhan (Anatomi, sistematika dan genetika tumbuhan), Biokimia (kinetika enzim di dalam darah, dan Fisiologi Perkembangan Hewan (Membedah larva serangga).

Kemudian, empat pelajar Indonesia tersebut mengerjakan dua set soal teori menggunakan komputer dengan total waktu pengerjaan selama enam jam.

Setelah melewati serangkaian tes praktikum dan teori tersebut, perjuangan para pelajar asal Indonesia tersebut berbuah hasil yang manis dengan membawa pulang satu emas, dua perak, dan satu perunggu.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini