Image

Astagfirullah! Gempa Tektonik Kembali Guncang Padangsidempuan

Erie Prasetyo, Jurnalis · Selasa, 1 Agustus 2017 - 12:57 WIB
Foto: Ilustrasi Foto: Ilustrasi

MEDAN - Sempat diguncang gempa 5,5 SR yang merusak 60 rumah, Kota Padangsidempuan kembali diguncang gempa bumi tektonik, Selasa (1/8/2017).

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah (BMKG) I Medan, Edison Kurniawan mengatakan, analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan 3,3 SR dengan posisi episenter pada koordinat 1,40 LU dan 99,46 BT, tepatnya di darat pada jarak 21 kilometer arah Timur Laut dari Padangsidempuan, Sumatera Utara, pada kedalaman 23 km.

"Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan BMKG dan laporan yang diterima dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Padangsidempuan dan Aekgodang dengan intensitas gempabumi I SIG-BMKG (II MMI)," ujar Edison

Dari hasil observasi BMKG Wilayah I Medan, gempa bumi ini berada pada Zona Sesar Sumatera pada Segmen Angkola, karakteristik sinyal gempa bumi ini menunjukkan gempa bumi tektonik. Dari kedalaman hiposenternya gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi tektonik dangkal pada lapisan kerak bumi.

Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kota Padangsidempuan diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertangjung jawab. Masyarakat juga diimbau untuk mengikuti arahan Pemerintah daerah melalui BPBD dan mengikuti perkembangan informasi gempa bumi susulan dari BMKG.

"Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai barat Sumatera Utara dan sekitarnya diimbau agar tidak terpancing isu mengingat gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami," ujar Edison.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming