Image

Yamaha Factory Racing Team Catat Sejarah Kemenangan Tiga Kali Beruntun Suzuka 8 Hours

Advertorial, Jurnalis · Kamis 03 Agustus 2017, 08:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 02 1 1748682 yamaha-factory-racing-team-catat-sejarah-kemenangan-tiga-kali-beruntun-suzuka-8-hours-Y49Y4x5qq7.jpg Yamaha Factory Racing Team (Foto: Ist)

YAMAHA Factory Racing Team mencatat sebuah halaman yang luar biasa dalam buku sejarah endurance racing dengan meraih kemenangan ketiga berturut-turut di Coca-Cola Suzuka 8 Hours tahun 2017. GMT94 Yamaha Official EWC Team juga merayakannya, setelah memastikan gelarjuara Endurance World Championship 2016-2017. The YART Yamaha Official EWC Team mengeluarkan potensi maksimalnya untuk mengamankan posisi ke-5 dan meraih posisi runner-up World Championship.

Katsuyuki Nakasuga yang awalnya memimpin tertekan oleh barisan depan pada turn satu saat balapan berlangsung, tapi dengan cepat mulai berjuang kembali ke depan tepat di belakang motor #634 saat masuk ke lap kedua. Tidak pernah lebih dari 0,1 atau 0,2 detik di belakang, perburuan berlangsung sampai lap 16 ketika pembalap tuan rumah memimpin sebentar sebelum mencapai trek yang padat dengan backmarker dan beberapa hujan ringan di beberapa bagian trek.

Saat Nakasuga kembali ke pit untuk menyerahkan YZF-R1 ke rekan setimnya Alex Lowes pada first hour, pebalap muda Inggris itu cepat bangkit dan segera memimpin sedikit lebih dari satu detik. Saat menyerahkan motor ke pembalap ketiga tim, Michael van der Mark, jarak sudah hampir empat detik. Rider asal Belanda itu bekerja keras untuk mempertahankankeunggulan yang dibangun oleh Lowes saat bencana melanda motor #634, memberikan celah besar buat Yamaha Factory Racing Team memimpin di depan.

Sejak saat itu, trio tersebut tidak pernah terganggu persaingan dengan yang lain di trek, dominan mempertahankan kecepatan dan terpaut jarak yang jauh sampai akhir balapan. Lowes mendapat kehormatan riding di jam terakhir, sedikit lebih tenang dari yang membuatnya mampu memecahkan rekor balapan dua kali.

Pertama kali memecahkan rekor catatan waktu 2'07.943 dengan 2'07.402, lalu 2'06.932. YZF-R1 tim factory melintasi garis finis paling depan disambut gembira ribuan penggemar balap Jepang  yang hadir, mencatatkan halaman bersejarah dengan kemenangan tiga kali berturut-turut yang pernah diraih oleh satu tim dalam sejarah balapan Suzuka 8 Hours. Nakasuga menambah penghormatan dengan menjadi pembalap Jepang pertama yang pernah memenangkan Suzuka 8 Hours tiga kali beruntun.

GMT94 Official EWC Team memulai balapan 8 jam dari grid ke-15 dengan Niccolò Canepa riding YZF-R1 #94. Pembalap Italia itu riding selama 30 menit di tengah kondisi yang kurang ideal dengan hujan sebentar-sebentar jatuh di bagian barat sirkuit Suzuka. Lalu dia masuk pit stop pertama, memberikan motornya ke rekan setimnya, David Checa, yang mempertahankan laju pada first hour.

Seiring berlalunya waktu, tim Prancis itu berhasil melakukan putaran yang konsisten pada 2'10 detik sebab mereka tidak fokus hanya pada memenangkan perlombaan, namun mengendalikan perbedaan poin dengan pesaing mengejar gelar.

Pembalap ketiga tim, Mike Di Meglio, memberikan kesan yang kuat pada debut Endurance World Championship di Suzuka, membawa tim ke posisi 8 sebelum penalti stop-and-go 30 detik menggesernya kembali ke posisi 11. Jauh di depan para pesaing utama mereka dan tetap fokus bertahan. Saat malam turun di lintasan, Checa keluar untuk tugas terakhirnya, ke pit stop sebentar sebelum akhirnya memastikan gelar Endurance World Championship, yang ketiga kali untuk tim.

Hasil tiga teratas tim dengan motor Yamaha :

1. YAMAHA FACTORY RACING TEAM

Katsuyuki Nakasuga

Alex Lowes

Michael van der Mark

5. YART Yamaha Official EWC Team

Broc Parkes

Marvin Fritz

Kohta Nozane

11. GMT94 Yamaha Official EWC Team

David Checa

Niccolō Caneoa

Mike Di Meglio

Yamaha Factory Racing Team

Hasil balap : ke-1

KatsuyukiNakasuga

”Tahun ini ulang tahun ke-40 Suzuka 8 Hours dan kami mendapatkan hasil di tahun yang special ini. Rekan tim saya hebat dan sangat membantu sayamelakukan yang terbaik. Kami melakukan 8 pit stop dan strateginya berjalan sangat baik untuk kemenangan. Saya juga sangat senang karena saya bisa membuat rekor baru sebagai pembalap Jepang pertama yang memenangkan perlombaan tiga kali berturut-turut.”

Alex Lowes

”Saya sangat senang bisa memenangkan Suzuka 8 Hours lagi, ini event yang fantastis. Yamaha Factory Racing Team fantastis, sayasangat menikmati motornya, saya menikmati pengalaman itu lagi dan saya menantikan untuk kembali tahun depan untuk melakukannya lagi!”

Michael van der Mark

”Saya sangat senang berada di sini bersama pabrikan yang berbeda dan memenangkan Suzuka 8 Hours. Tahun ini menang bersama Yamaha sangat spesial. Tim kami fantastis, tiga pembalap bagus dengan motor yang bagus. Yamaha melakukan persiapan yang menakjubkan untuk motor dan tim buat event ini jadi saya akan sangat senang bisa kembali lagi tahun depan lagi!”

Team Manager Wataru Yoshikawa

”Ini perasaan terbaik, yang terbaik! Sejujurnya 50/50, karena pesaing kami sangat kuat, saya sangat bangga bisa meraih tiga kemenangan beruntun dengan Yamaha, rasanya luar biasa! Tiga kemenangan beruntun memberikan banyak tekanan bagi saya, tapi sekarang saya merasa bahwa bab ini telah ditutup, jadi mungkin kita bisa meraih empat kemenangan berturut-turut!”

(hth)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini