nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Luar Biasa! Inilah Lima Pidato Politik Terpanjang dalam Sejarah

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 03 Agustus 2017 21:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 03 18 1749310 luar-biasa-inilah-lima-pidato-politik-terpanjang-dalam-sejarah-X0yYFGWaYT.jpg Foto: Reuters

SAAT mantan Pemimpin Libya, Muammar Gaddafi menyampaikan pidato politik berdurasi 96 di depan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada 2009 banyak yang menilai pidato tersebut terlalu panjang dibandingkan pidato standar saat ini. Namun, ternyata dalam sepanjang sejarah masih banyak pidato-pidato politik lain yang jauh lebih panjang dan lama.

Berikut adalah lima pidato politik terpanjang dalam beberapa dekade terakhir, dirangkum dari berbagai sumber.

Sir Ivan Lawrence

Sir Ivan Lawrence. (Foto: BBC)

Mantan anggota parlemen Inggris, Sir Ivan Lawrence berbicara selama lebih dari empat jam pada debat terkait rancangan undang-undang flouridasi air pada 6 Maret 1985. Dengan pidato tersebut, dia menjadi pemegang rekor pidato terpanjang di Parlemen Inggris sepanjang abad ke-20.

Fidel Castro

Foto: Reuters

Pahlawan Revolusi Kuba, Fidel Castro dikenal sebagai seorang orator handal yang biasa menulis naskah pidatonya sendiri. Tidak hanya itu, El Comandante juga merupakan salah satu pemegang rekor pidato terpanjang dalam sebuah forum internasional saat berpidato di PBB selama 4 jam 29 menit pada 1960.

Castro bahkan berhasil mengalahkan rekor tersebut saat berpidato di Kongres Partai Komunis Kuba selama 7 jam 10 menit pada 1986.

V.K Krishna Menon

V.K. Krishna Menon

Tiga tahun sebelum Fidel Castro menyampaikan pidato berdurasi super panjang di PBB, negarawan India V.K. Krishna Menon telah lebih dahulu melakukannya. Pada 1957, Menon yang saat itu menjabat sebagai Menteri Pertahanan India berpidato selama lebih dari tujuh jam. Menjelaskan posisi negaranya di wilayah Kashmir yang disengketakan.

Pidato tersebut disampaikan Menon sebagai respons atas pidato Menteri Luar Negeri Pakistan sepekan sebelumnya. Menon dilaporkan tumbang di ruangan Dewan Keamanan PBB setelah menyelesaikan pidatonya.

Beberapa pihak menganggap pidato Menon adalah sebuah filibuster karena terbagi dalam dua bagian. Bagian pertama yang berdurasi lima jam disampaikan pada 23 Januari 1957 dan bagian kedua berdurasi 2 jam 48 menit disampaikan pada 24 Januari. Di antara kedua bagian itu, Menon mengalami kelelahan dan harus dirawat di rumah sakit.

Hugo Chavez

Foto: Reuters

Mendiang Presiden Venezuela Hugo Chavez adalah tokoh yang sering menyampaikan pidato dengan durasi yang panjang. Pada 2007 dia menyampaikan pidato maraton selama delapan jam yang disiarkan secara langsung dalam program televisi.

Namun, rekor tersebut sempat dipecahkannya pada Januari 2012, setahun sebelum dia meninggal dunia. Saat itu Chavez berpidato selama sekira 10 jam di depan kandidat oposisi di Majelis Nasional Venezuela.

Stewart Stevenson

Foto: SNP

Anggota parlemen Skotlandia, Stewart Stevenson sepertinya adalah politikus yang gemar berpidato. Stevenson dilaporkan telah menyampaikan 500 pidato di depan Parlemen Skotlandia pada 2013, hanya empat tahun setelah parlemen negara itu berkumpul kembali pada 1999.

Pada 2015, dia menjadi anggota Parlemen Skotlandia pertama yang telah menyampaikan 600 pidato.

Tetapi, rekornya yang paling dikenal adalah saat dia menyampaikan pidato selama hampir 24 jam pada Pekan Pencegahan Bunuh Diri Internasional 2004. Secara resmi, pidatonya dimulai pada 7 September 2004 pukul 17.21 dan baru berakhir pada 8 September 2004 pukul 17.12.

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini