nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sinabung Sempat Erupsi 20 Kali, BPBD Selalu Ingatkan Warga Sekitar Bahaya Lahar Dingin

Erie Prasetyo, Jurnalis · Kamis 03 Agustus 2017 13:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 03 340 1749095 sinabung-sempat-erupsi-20-kali-bpbd-selalu-ingatkan-warga-sekitar-bahaya-lahar-dingin-UKk85m8JF1.jpg Gunung Sinabung saat Erupsi. Foto Antara/Maz Yons

MEDAN - Pascaerupsi hebat yang berulang hingga lebih 20 kali kemarin, Gunung Api Sinabung masih erupsi disertai awan panas, pagi ini Kamis (3/8/2017).

Erupsi itu juga menyebabkan banjir lahar dingin yang bisa berdampak pada masyarakat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Karo meningkatkan sosialisasi ancaman bencana banjir lahar dan banjir bandang ke penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sepanjang hilir dan sekitar Sungai Laborus yang bersumber dari puncak Gunung Sinabung.

Pasalnya, beberapa kali lahar dingin sempat menerjang Desa Mardinding dan Desa Sukatendel, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, BPBD terus mengimbau masyarakat agar terus waspada terhadap banjir lahar dingin.

"Sosialisasi bahaya banjir lahar dingin sudah jadi rutinitas personel BPBD. Terlebih setelah erupsi kemarin. Kami terus sosialisasi bahaya banjir lahar dingin," jelas Kepala BPBD Karo Martin Sitepu.

Dia mengingatkan, saat ini telah terbentuk bendungan akibat erupsi di hulu Sungai Laborus maka penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sekitar hilir daerah aliran sungai Laborus agar tetap menjaga kewaspadaan karena bendungan ini sewaktu-waktu dapat jebol karena tidak kuat menahan volume air akibat hujan sehingga mengakibatkan banjir lahar dingin ke hilir (pemukiman).

"Kemarin Pak Bupati juga turun ke lapangan untuk sosialisasi ke masyarakat. Sosialiasi bahaya banjir lahar dingin juga dibantu camat, kepala desa, tokoh agama. Dan setiap ada pertemuan dengan masyarakat sekitar Sinabung kami juga sosialisasikan," pungkas Martin.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini