nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sinabung Meletus Berkali-kali Kemarin, Tim BPBD Bersih-Bersih Abu Vulkanis di 5 Kecamatan

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Kamis 03 Agustus 2017 14:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 03 340 1749115 sinabung-meletus-berkali-kali-kemarin-tim-bpbd-bersih-bersih-abu-vulkanis-di-5-kecamatan-GMk9jpikBV.jpg Warga menyaksikan material erupsi Gunung Sinabung pada 2 Agustus kemarin (Antara)

MEDAN - Ratusan rumah warga di lima kecamatan Kabupaten Karo, Sumatera Utara, terdampak abu vulkanik dengan volume yang cukup besar pasca-erupsi dan luncuran awan panas Gunung Sinabung kemarin. Rumah-rumah diselimuti abu vulkanik dengan ketebalan antara 3-5 Cm.

Atas kondisi tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo bersama Dinas Pencegah dan Pemadaman Kebakaran Kabupaten Karo melakukan pembersihan abu vulkanik di 5 kecamatan tersebut dengan cara menyiram rumah, lahan pertanian, sekolah dan fasilitas umum lainnya, termasuk jalan raya.

"Lima kecamatan yang terdampak adalah Kecamatan Payung, Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Naman Teran, Kecamatan Tiganderket dan Kecamatan Kabanjahe," sebut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Karo‎, Natanail Peranginangin, Kamis (3/8/2017).

Natanail menyebutkan, sampai saat ini belum ada laporan korban jiwa atas dampak dari erupsi tersebut. Pihaknya terus melakukan pembagian masker agar kesehatan warga tak terganggu akibat debu vulkanik.

"Jumlah yang dibagikan sekitar 2.000 masker. Masker dibagikan di beberapa titik di Kota Kabanjahe dan sekolah-sekolah, Desa Simpang Empat, Desa Tiganderket, Desa Payung. Di tempat lainnya kami koordinasikan ke puskesmas-puskesmas di desa untuk ikut menyuplai kebutuhan masker kepada warga di masing-masing wilayahnya," ungkapnya.

Natanail kembali menegaskan, pihaknya tetap melarang masyarakat beraktivitas di sekitar zona merah yakni 7 kilomter dari kaki Gunung Sinabung. Karena, aktivitas Sinabung akan terus mengeluar erupsi sewaktu-waktu. "Kami imbau jangan pernah mendekati zona merah dan selalu mengikuti arahan kita dari BPBD Karo," jelasnya.

Tim Tanggap Darurat Gunung Sinabung Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat Gunung Sinabung erupsi sebanyak 19 kali kemarin. Letusan ditandai dengan muntahan abu vulkanis dan awan panas.

Kolom awan panas dengan tertinggi 4,5 kilomoter. Sedangkan abu vulkanik tertinggi 4,2 kilometer. Dengan Arah guguran awan panas ke tenggara-timur, ke arah Sigarang Garang, Sukanalu dan Gamber.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini