nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Kronologi Lion Air dan Wings Air Bersenggolan di Bandara Kualanamu

Erie Prasetyo, Jurnalis · Kamis 03 Agustus 2017 14:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 03 340 1749162 begini-kronologi-lion-air-dan-wings-air-bersenggolan-di-bandara-kualanamu-eck6nVPD7w.jpg Pesawat milik Lion Group bersenggolan di Bandara Kualanamu (Istimewa)

MEDAN - Pesawat Lion Air bersenggolan sayap dengan Wings Air di Bandara Kualanamu, Deliserdang, Sumatera Utara. Akibat senggolan itu, sayap kedua pesawat rusak dan tak bisa melanjutkan penerbangan. Berikut kronologi kejadiannya.

Manager Humas Airnav Indonesia, Yohanes Sirait mengatakan, peristiswa terjadi sekira pukul 11.30 WIB tadi. Saat itu, pesawat Lion Air nomor penerbangan JT 197 dari Banda Aceh mendarat di Kualanamu. Pesawat jenis Boeing 737-900 EWR itu hendak terbang lagi (take off) di taxi way jalur victor bandara.

Kemudian ada pesawat Wings Air IW 1252 rute Kualanamu-Meulaboh baru saja mendarat di Bandara Kualanamu dan menuju Apron Garbarata untuk menurunkan penumpang.

"Namun sayap sebelah kanan pesawat Wings Air tiba-tiba bergesekan dengan sayap sebelah kiri Pesawat Lion Air yang datang dari arah belakang yang bersiap akan take off," ujar Yohanes, Kamis (3/8/2017).

Akibat kejadian itu, ujung sayap sebelah kiri Lion Air mengalami rusak. Sedangkan sebagian sayap kanan pesawat Wings Air hancur.

 

Kedua pesawat milik Lion Group itu tak bisa melanjutkan penerbangan akibat senggolan sayapnya. Kedua pesawat langsung dievakuasi ke apron bandara. Sementara semua penumpang selamat dan diturunkan untuk diangkut dengan pesawat lain.

Akibat Lion Air dan Wings Air bersenggolan sayap, 21 penerbangan di Bandara Kualanamu sempat terganggu karena landasan pacu dibersihkan sementara dari sisa kerusakan sayap pesawat. "Jadi ada gangguan (jadwal penerbangan). Untuk keberangkatan ada 15 jadwal terdampak. Untuk yg keberangkatan ada 6 jadwal yang terdampak," ujar Yohanes.

Public Relations Manager Lion Air Group, Andy M Saladin mengatakan, akibat insiden tersebut, penumpang Wings Air IW 1252 yang berjumlah 66 penumpang akan dikembalikan uang tiketnya (full refund) di tempat ataupun di reschedule keberangkatan.

Sementara untuk penumpang Lion Air JT 197 yang membawa 144 penumpang dari Banda Aceh menuju Medan dan memiliki penerbangan lanjutan menuju kota lainnya, akan diterbangkan menggunakan maskapai Lion Air Group lainnya. Yaitu Batik Air ataupun Lion Air di jadwal berikut nya pada hari yang sama.

“Kami akan menunggu hasil investigasi atas kejadian ini dari pihak yang berwenang yaitu KNKT,” tutup Andy.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini