nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bingung! Nih, Strategi Hadapi Sidang Skripsi yang Bikin Horor

Siska Permata Sari, Jurnalis · Jum'at 04 Agustus 2017 06:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 03 65 1749330 bingung-nih-strategi-hadapi-sidang-skripsi-yang-bikin-horor-OOTccePkQa.jpg Foto: Shutterstock

JAKARTA - Bulan Agustus ini bukan hanya menjadi tahun ajaran baru saja melainkan juga musim di mana ujian skripsi berlangsung di berbagai perguruan tinggi.

Ujian skripsi atau sidang merupakan tahap terakhir untuk menuntaskan studi sarjana strata satu (S-1). Tahap terakhir inilah yang tak jarang membuat kamu merasa khawatir karena dianggap horor dan tidak mampu melaluinya.

Tetapi tidak perlu takut, ujian skripsi sama seperti ujian lainnya, kamu hanya membutuhkan strategi yang tepat. Apa saja sih strategi yang tepat untuk menghadapi sidang skripsi di hari H? Berikut paparannya seperti dirangkum Okezone dari berbagai sumber, Jumat (4/8/2017).

Berdebatlah dengan sopan

Dalam sidang skripsi, perdebatan antar mahasiswa dengan dosen adalah hal yang lumrah. Kamu berhak untuk mempertahankan penelitian kamu semaksimal mungkin. Tetapi ingat, arus debat harus tetap dijaga harmoninya. Jangan sampai, perdebatan yang dimulai dari lemparan pertanyaan dan jawaban tersebut berlangsung sengit.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan dosen penguji dengan sopan. Dalam artian, menjaga raut muka, nada bicara, dan tetaplah tenang.

Riset lagi penelitianmu

Sehari sebelum sidang dimulai, ada baiknya kamu meriset lagi penelitian. Baca ulang lagi dan temukan titik kelemahan kamu yang sangat berpotensi untuk diserang oleh para dosen penguji. Dengan melakukan hal tersebut, kamu mempunyai persiapan untuk menjawab pertanyaan dosen penguji atau membela diri dengan alasan yang relavan.

Latihan

Orator ulung tidak akan menjadi orator ulung tanpa latihan berpidato bertahun-tahun. Begitu juga dengan menghadapi sidang skripsi. Ini seharusnya bukan kali pertama kamu mempresentasikan diri di hadapan orang lain. Biasanya, di mata kuliah umum, kamu juga diperkenankan tampil presentasi. Nah, di sinilah kamu berlatih untuk memaparkan materi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan atas materi kamu.

Namun bila hari ini adalah H-1 sidang skripsi, cobalah untuk latihan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan dosen di depan kaca. Atau, kamu juga bisa meminta bantuan orang tua, saudara kandung, atau teman.

Dengarkan, jeda, respon

Strategi satu ini penting untuk diterapkan di hari ujian skripsi berlangsung. Pasalnya, metode ini akan membantumu dalam merespon setiap jawaban yang diajukan dosen penguji secara baik tanpa terkesan terlalu buru-buru. Ya, strateginya dimulai dari dengar dan jeda.

Dengarkan setiap pertanyaan dan ucapan yang dilontarkan dosen penguji hingga tuntas. Ambil jeda minimal satu hingga dua detik sebelum menjawab pertanyaan itu. Kemudian, respon. Mendengar secara utuh dan mengambil jeda sepersekian detik akan membuat kamu menangkap semua informasi yang dikatakan dosen penguji sehingga kamu tidak akan mengalami missinformasi.

Good luck!

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini