Image

Mantap! 4 Kampus Dipilih untuk Produksi Massal Mobil Listrik Nasional

Siska Permata Sari, Jurnalis · Jum'at 04 Agustus 2017, 14:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 04 65 1749729 mantap-4-kampus-dipilih-untuk-produksi-massal-mobil-listrik-nasional-w4kiU5xe8h.jpg Foto: Dok Okezone

JAKARTA - Empat perguruan tinggi negeri di Indonesia terpilih untuk menggarap pengadaan mobil listrik nasional yang akan diproduksi massal pada 2020 mendatang.

Keempat perguruan tinggi tersebut di antaranya Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan, empat kampus tersebut terpilih karena memiliki konsentrasi di bidang pengembangan baterai, mekatronik, material, dan elektronika mobil listrik.

"Mereka akan bersinergi satu sama lain dalam perakitan komponen mobil listrik. Jadi yang punya kelebihan ini, kami gabungkan jadi satu," kata Nasir seperti dilansir dari Koran Sindo, Jumt (4/8/2017).

Ada sejumlah tahapan yang akan dilakukan sebelum mobil listrik nasional tersebut diproduksi secara massal pada 2020. Sebelumnya, pihak Kemristekdikti tersebut telah menciptakan prototype mobil listrik.

Nasir menambahkan, tahap selanjutnya prototype tersebut akan dilakukan uji material pada mekatronik. Kemudian tahap skill-up atau pengembangan kemampuan sumber daya manusia. Usai itu, baru memasuki tahap produksi massal.

"Target di 2020 kita ke sana (produksi massal). Tapi ini kan enggak bisa langsung, ada proses yang harus dilakukan. Sertifikasi harus dilakukan, motor sudah selesai. Mudah-mudahan segera masuk industri," imbuhnya.

Seperti diketahui, kini pemerintah sedang menyeriusi pengembangan mobil listrik nasional untuk mengurangi emisi karbon dan mewujudkan adanya energi terbarukan sebesar 23 persen pada 2025.

Pemerintah juga kini sedang mengupayakan realisasi proyek mobil listrik mulai dari persiapan regulasi dan pembentukan tim oleh Kemristekdikti. Hasilnya, tim tersebut terdiri dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan empat perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Mobil listrik sendiri bukan hal baru di Indonesia. Pada 1990 lalu, mobil yang digadang ramah lingkungan tersebut telah lebih dulu digagas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Tak hanya itu, mobil listrik rupanya juga telah dikembangkan oleh sejumlah perguruan tinggi di Indonesia meski saat itu hanya berupa konsep dan untuk kepentingan kompetisi internasional.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini