Share

Duh, Jelang Pendaftaran CPNS Terjadi Kelangkaan SKCK

Erie Prasetyo, Okezone · Sabtu 05 Agustus 2017 04:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 05 340 1750281 duh-jelang-pendaftaran-cpns-terjadi-kelangkaan-skck-RROCwsD9C1.jpg Ilustrasi pendaftaran CPNS (Foto: Okezone)
Β 

MEDAN - Pihak jajaran Kepolisian Daerah Sumatera Utata (Polda Sumut) kehabisan blanko surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).

Kelangkaan blanko sendiri telah terjadi sejak 2 Agustus 2017 lalu, satu hari setelah dibukanya pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) dan Mahkamah Agung.

Kehabisan blanko masih terjadi sampai saat ini di beberapa Polres dan Polda Sumut. Bahkan, beberapa warga ada yang sudah berkeliling di Polres dan Polda Sumut untuk mendapat blanko, namun hasilnya nihil.

"Pasti kecewa berat lah. Dari kemarin saya sudah tanya ke Polres, tapi disana habis. Ini saya tanya ke Polda juga habis. Petugas SKCK juga enggak tahu kapan blankonya masuk. Iya saya mau daftar CPNS juga," ujar warga bernama Ahsanul Hikmah (25) di Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, Jumat (4/8/2017).

Terkait habisnya blanko SKCK itu, Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan mengatakan, di Mapolda Sumut, setiap pukul 11.00 wib, ada 1.000 blanko yang tercetak. Jadi, masyarakat baru bisa mendapat pada siang hari menunggu hingga stok blanko tiba di Polda Sumut.

β€œDit Intelkam melayani hingga 1.000 SKCK. Petugas juga terbatas, jadi harap bersabar,” sebut AKBP MP Nainggolan.

Hal serupa juga terjadi di Sat Intelkam Polrestabes Medan. Masyarakat atau pemohon SKCK diminta bersabar sampai blanko tersedia. Akibatnya, para pemohon pembuat SKCK membludak dan merasa kecewa.

Kasat Intelkam Polrestabes Medan, AKBP B Siallagan membenarkan informasi tersebut. Dia belum bisa memastikan kapan blanko SKCK tersedia kembali. "Iya habis. Belum tahu sampai kapan," katanya.

Lebih lanjut, Sat Intelkam Polrestabes Medan sudah menyurati pihak Polda Sumut untuk mendistribusikan SKCK ke Polrestabes Medan. Padahal di Polda Sumut juga sudah kehabisan blanko.

"Di Polda juga habis kabarnya. Kita sudah surati pihak Polda Sumut untuk mengatasi masalah ini," pungkas AKBP B Siallagan.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini