Image

Wah! Setelah 20 Tahun, Pakistan Akhirnya Lantik Menteri Hindu Pertama

Rifa Nadia Nurfuadah, Jurnalis · Minggu 06 Agustus 2017, 16:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 06 18 1750738 wah-setelah-20-tahun-pakistan-akhirnya-lantik-menteri-hindu-pertama-ffWI2Ectlt.jpg PM Pakistan Shahid Khaqan Abbasi melantik anggota kabinet pada Jumat 4 Agustus 2017. (Foto: PID)

ISLAMABAD - Setelah 20 tahun, Pakistan akhirnya melantik politisi Hindu pada jabatan tertinggi dalam pemerintahan. Seperti Indonesia, Pakistan merupakan negara dengan dominasi warga Muslim.

Darshan Lal mendapatkan tempat dalam kabinet yang dibentuk Partai Liga Muslim-Nawaz (PML-N) pasca-Perdana Menteri Shahid Khaqan Abbasi melakukan reshuffle. Peringkat mantan dokter itu naik setelah terpilih sebagai anggota Dewan Nasional untuk kedua kalinya pada 2013. Lal menempati kursi bagi kaum minoritas.

Mengutip pernyataan resmi Pemerintah Pakistan, seperti disitat dari Independent, Minggu (6/8/2017), Lal akan mengepalai koordinasi antara empat provinsi di negara tersebut.

Diyakini, Lal mendapatkan jabatan menteri pasca-reshuffle karena Abbasi ingin mendongkrak dukungan bagi partai berkuasa, PML-N, menjelang pemilihan umum tahun depan. Abbasi sendiri dilantik sebagai perdana menteri pada Rabu 2 Agustus setelah pendahulunya, Nawaz Sharif, dilengserkan akibat skandal korupsi.

Reshuffle yang dilakukan Abbasi membuat kabinet membengkak hingga diisi 47 menteri. Ia juga menjalin koalisi dengan para kolega pendahulunya untuk menguatkan posisi di pemerintahan.

Lal menjadi menteri Hindu pertama di Pakistan setelah 20 tahun lalu posisi ini dijalani oleh Rana Chandra Singh. Kala itu, Singh berafiliasi dengan Partai Rakyat Pakistan.

Umat Hindu menjadi minoritas di Pakistan. Dari sekira 200 juta penduduk, hanya 2 persen yang memeluk Hindu. Pakistan sendiri sejatinya merupakan gabungan wilayah Muslim yang memecahkan diri dari India.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini