nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keren! Tim Aerobatik TNI AU Ramaikan Penyambutan Mahasiswa Baru UGM

Senin 07 Agustus 2017 16:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 07 65 1751239 keren-tim-aerobatik-tni-au-ramaikan-penyambutan-mahasiswa-baru-ugm-tyGsNEmrSg.jpg Foto: Dok KRJogja

YOGYAKARTA - Puluhan penerjun dari Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) meramaikan acara penyambutan mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada (UGM) 2017 dengan atraksi terjun payung di Lapangan Grha Sabha Pramana UGM, Senin (7/8/2017).

Acara yang sekaligus membuka Pelatihan dan Pembelajaran Sukses bagi Mahasiswa Baru UGM (PPSMB UGM) itu juga dimeriahkan dengan atraksi dari Tim Aerobatik Jupiter atau Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU dengan beragam formasi di langit kampus itu.

"Dengan atraksi dari TNI AU ini kami berharap rasa nasionalisme mahasiswa baru UGM akan semakin tumbuh," kata Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Panut Mulyono.

Menurut Panut, terselenggaranya acara itu merupakan wujud hubungan baik UGM dengan TNI AU yang telah terjalin selama ini. Ia berharap melalui persembahan atraksi itu, mahasiswa baru UGM semakin menyadari bahwa Indonesia saat ini memiliki angkatan bersenjata yang kuat.

"Sehingga tumbuh kebanggan dan mereka tahu bahwa TNI yang selama ini menjaga kedaulatan kita," kata Panut.

Menurut dia, penumbuhan rasa nasionalisme kepada mahasiswa UGM penting untuk terus dilakukan karena mahasiswa adalah benteng Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kami berharap mereka menjadi pemimpin dengan nasionalisme yang tinggi," kata dia.

Panut menyebutan mahasiswa baru di UGM tahun ini berjumlah kurang lebih 8.000-an, terbagi dalam mahasiswa S-1 dan mahasiswa diploma di berbagai jurusan yang ada di UGM.

"Mahasiswa S-1 jumlahnya 6.000-an, mahasiswa diplomanya 2.300-an sekian," kata dia.

Sementara itu, Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, persembahan atraksi itu layak disajikan untuk ribuan mahasiswa baru UGM sebagai wujud apresasi karena mereka adalah sebagian kecil yang berhasil lolos masuk ke kampus itu.

"Dari sekian banyak pendaftar, hanya 3,9 persen yang terpilih. Ini luar biasa, sehingga kami konsern meramaikan kegiatan ini agar mereka bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia," kata Hadi.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini