nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Ini Erupsi Sinabung Memicu Gempa, Status Tetap Siaga IV

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Selasa 08 Agustus 2017 21:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 08 340 1752167 hari-ini-erupsi-sinabung-memicu-gempa-status-tetap-siaga-iv-NJ70wa49yw.jpg Gunung Sinabung (Foto: Okezone)

MEDAN – Gunung Api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, hingga kini masih terus menyemburkan awan panas, bahkan berdasarkan pengamatan erupsi yang terjadi sore tadi Selasa (8/8/2017) petang, memicu terjadinya gempa.

Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, Armen Putra mengatakan, erupsi terjadi pukul 15:48 WIB dengan ketinggian kolom abu erupsi mencapai 4 kilometer (km). Selain kolom abu, Gunung Sinabung juga meluncurkan guguran awan panas sejauh 1 kilometer.

“Meski demikian, sejauh ini status Gunung Berapi masih dalam kondisi awas atau level IV,”kata Armen.

Armen menjelaskan saat erupsi terjadi, arah angin berembus mengarah tenggara timur dengan kecepat lambat dan sedang mengarah timur tenggara. Erupsi juga memicu gempa selama 322 detik.

“Kita masih mengimbau kepada seluruh warga di Kabupaten Karo untuk selalu waspada dan menjauhi zona merah sudah ditetapkan pemerintah setempat. Karena kita tidak pernah bisa menduga kapan dan seberapa kuat erupsi selanjutnya,”tandas Armen.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini