Bahas Keamanan, Menlu Rusia: Kami Sepakat Berantas Terorisme dengan Indonesia

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 09 Agustus 2017 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 09 18 1752684 bahas-keamanan-menlu-rusia-kami-sepakat-berantas-terorisme-dengan-indonesia-WdVqeNmIes.jpg Menlu RI Retno LP Marsudi bertemu dengan Menlu Rusia, Sergey Lavrov, di Gedung Pancasila, Kemlu, Rabu (9/8/2017). (Foto: dok. Kemlu)

JAKARTA – Menyadari ancaman terorisme dan ekstremisme, Pemerintah Rusia dan Indonesia telah sepakat untuk meningkatkan kerjasama di bidang keamanan terutama terkait isu antiterorisme. Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, usai pertemuan bilateral dengan Menlu RI, Retno Marsudi, di Jakarta.

"Kami telah sepakat untuk mendukung kemampuan Indonesia untuk menghadapi ancaman apa pun, dan kami telah sepakat untuk bekerja sama melawan terorisme," kata Lavrov dalam pernyataan bersama dengan Menlu Retno yang disampaikan di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Jakarta, Rabu (9/8/2017).

BACA JUGA: Mantap! Menlu Rusia Tegaskan Dukungan untuk Kemerdekaan Palestina

Menlu Lavrov mengingatkan, bahaya terorisme saat ini telah menyebar ke seluruh dunia, tak terkecuali ke wilayah-wilayah yang berdekatan dengan perbatasan Rusia dan Indonesia. Karena itulah, kerjasama terutama di bidang penangangan terorisme dan ekstremisme perlu dilakukan oleh kedua negara.

"Pada pertemuan tingkat menteri, kami mengadopsi kerjasama untuk memerangi terorisme, dan meningkatkan efisiensi dalam usaha tersebut," tambahnya.

BACA JUGA: Presiden Rusia akan Kunjungi Indonesia, Menlu Retno: Undangan Sudah Disampaikan

Selain memberikan perhatian khusus pada isu terorisme dan ektremisme, Lavrov juga menyinggung isu keamanan lainnya, terkait proliferasi senjata nuklir dan senjata pemusnah massal lainnya. Lavrov mengatakan, Rusia akan terus melanjutkan konsultasi mengenai isu tersebut dan telah dibahas dan dipertimbangkan dalam beberapa pertemuan para ahli.

BACA JUGA: Wah! Makan Siang di Jakarta, Menlu Rusia Cicipi Rendang

Lavrov berada di Jakarta selama dua hari, yaitu pada 8-9 Agustus. Selain bertemu dan membahas hubungan bilateral RI-Rusia dengan Menlu Retno, Lavrov juga menemui Sekjen ASEAN Le Luong Minh dan membuka Misi Perwakilan tetap Rusia untuk ASEAN. Dari Indonesia Lavrov akan melanjutkan lawatan Asia Tenggaranya dengan mengunjungi Thailand.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini