nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perkuat Kerjasama, Rusia Resmikan Pembukaan Perwakilan di ASEAN

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Rabu 09 Agustus 2017 18:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 09 18 1752829 perkuat-kerjasama-rusia-resmikan-pembukaan-perwakilan-di-asean-UBmaDps0ZZ.jpg Menlu Rusia, Sergey Lavrov, dalam peluncuran Misi Tetap Rusia untuk ASEAN di Jakarta, Rabu (9/8/2017). (Foto: Rufki Ade V/Okezone)

JAKARTA - Pemerintah Rusia hari ini meresmikan penempatan perwakilan federasi untuk ASEAN di Jakarta. Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia, Sergey Lavrov, menyatakan, keberadaan misi tetap negaranya untuk ASEAN mengukuhkan prioritas kerjasama luar negeri Rusia dengan ASEAN.

"Hal ini juga mengukuhkan komitmen kami untuk meningkatkan dialog dengan ASEAN dan membawa kerjasama ke tingkat strategis," ujar Lavrov, dalam seremoni yang digelar di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (9/8/2017).

BACA JUGA: Presiden Rusia akan Kunjungi Indonesia, Menlu Retno: Undangan Sudah Disampaikan

Seperti dilansir Kantor Berita Rusia, TASS, menurut Lavrov, Misi Tetap Rusia di ASEAN mengemban tugas penting. Salah satunya, memastikan semua aktivitas komite Rusia-ASEAN berjalan efektif.

"Dan yang tidak kalah penting, Misi Tetap Rusia di ASEAN harus memberikan kontribusi guna mengembangkan dan meningkatkan kerjasama antara para perwakilan tetap negara-negara anggota ASEAN," imbuhnya.

Menlu Rusia, Sergei Lavrov, dan Sekjen ASEAN, Le Luong Minh, meluncurkan Misi Tetap Rusia untuk ASEAN di Jakarta, Rabu (9/8/2017). (Foto: Rufki Ade V/Okezone)

Rusia, kata Lavrov, telah membangun dialog tingkat tinggi dengan otoritas ASEAN dan para negara anggotanya. Dialog tersebut dimaksudkan untuk membahas mekanisme kerjasama dalam bidang energi, sains dan agrikultur. Kerjasama Rusia dan ASEAN sendiri diharapkan terjalin di sedikitnya 20 bidang inisiatif kerjasama termasuk sektor teknologi informasi, keamanan pangan, pendidikan dan transportasi.

"Saya juga berharap Misi Tetap Rusia ini akan memberikan perhatian pada isu-isu humaniora dan budaya. Di saat yang sama, memfasilitasi kontak antara ASEAN dan Uni Ekonomi Eurasian (EAEU)," tukasnya.

Sekjen ASEAN, Le Luong Minh; Menlu RI, Retno Marsudi; Menlu Rusia, Sergei Lavrov; dan Menteri KKP, Susi Pudjiastuti dalam acara peluncuran Misi Tetap Rusia untuk ASEAN di Jakarta, Rabu (9/8/2017). (Foto: Rufki Ade V/Okezone)

Sementara itu, Sekjen ASEAN, Le Luong Minh mengaku optimistis dengan dedikasi Rusia ke ASEAN.

"Ini adalah upaya mendekorasi arah masa depan Rusia dan ASEAN. Rusia sendiri berjanji akan mengunjungi korporasi yang ada di ASEAN," ujar Luong Minh.

BACA JUGA: Mantap! Menlu Rusia Tegaskan Dukungan untuk Kemerdekaan Palestina

Peluncuran Misi Tetap Rusia untuk ASEAN turut dihadiri Menlu Republik Indonesia, Retno Marsudi serta Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini