nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebijakan 8 Jam di Sekolah, Mendikbud: Kebijakan Tersebut untuk Guru Bukan Siswa

Agregasi Antara, Jurnalis · Rabu 09 Agustus 2017 19:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 09 65 1752827 kebijakan-8-jam-di-sekolah-mendikbud-kebijakan-tersebut-untuk-guru-bukan-siswa-HAlyxCFSUQ.jpg Muhadjir Effendy. (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Setelah ramai gunjang-gunjing penambahan waktu belajar di sekolah dalam sistem pembelajaran delapan jam sehari selama lima hari alias Full Day School, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meminta agar sekolah tak melakukan penambahan waktu Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Ia menegaskan bahwa Penguatan Pendidikan Karakter yang gencar diterapkan di dunia pendidikan Indonesia tersebut tidak mengubah struktur kurikulum dan menambah waktu belajar siswa di sekolah.

"Kami meminta agar sekolah tidak melakukan penambahan waktu Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas (intrakurikuler) di luar ketentuan kurikulum 2013 maupun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)," ujar Muhadjir Effendy di Jakarta baru-baru ini.

Ia menjelaskan, tidak ada perubahan kurikulum. Sebab kurikulum yang digunakan saat ini adalah Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

"Kalau untuk kurikulum 2013 yang dilaksanakan lima hari, anak-anak SD selesai belajar pukul 12.10, sedangkan untuk SMP selesai pukul 13.20. Setelah itu mereka bisa pulang dan melanjutkan dengan kegiatan ekstrakurikuler. Bisa di sekolah, bisa juga di luar sekolah seperti mengaji di madrasah diniyah," tambahnya.

Penerapan lima hari sekolah pun, lanjut Mendikbud, bukan diberlakukan bagi siswa tapi jam kerja bagi guru. "Itu lima hari sekolah, dengan delapan jam dalam satu hari, bukan diperuntukkan bagi siswa," tegas Mendikbud.

Atas penerapan ini, pemenuhan beban kerja guru diperluas menjadi 5M, yaitu merencanakan, melaksanakan dan menilai hasil pembelajaran atau pembimbingan. Kemudian guru juga dapat membimbing dan melatih peserta didik, serta melaksanakan tugas-tugas tambahan.

Seperti diketahui kebijakan lima hari sekolah atau dikenal dengan istilah Full Day School tersebut merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini